Image

Berikan Oksigen Tambahan, Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan untuk Penderita Serangan Jantung

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 20:16 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 09 14 481 1776139 berikan oksigen tambahan pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk penderita serangan jantung rmQwAF16Kz.jpg Serangan jantung (Foto: Cbsnews)

PENYAKIT kardiovaskular adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh banyak orang. Bahkan tak jarang penyakit tersebut menyebabkan kematian pada seseorang. Jenis penyakit kardiovaskular yang sering terjadi adalah serangan jantung.

Serangan jantung adalah kondisi di mana adanya penyempitan pada pembuluh darah koroner sehingga aliran darah berkurang. Hal tersebut dapat mematikan jaringan yang ada di otot jantung. Gejala serangan jantung antara lain dada menjadi berat yang menjalar ke leher dan lengan kiri, sesak napas, serta keringat dingin.

 BACA JUGA:

Apabila salah satu keluarga Anda ada yang mengalami serangan jantung, usahakan untuk jangan panik. Segeralah lakukan pertolongan pertama pada anggota keluarga tersebut. Menurut dokter spesialis jantung, dr Jetty R.H. Sedyawan, Sp.JP (K), FIHA, FACC, pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan antara lain;

Periksa denyut nadi

Pada orang yang terkena serangan jantung dan masih dalam keadaan sadar, cobalah untuk mengecek denyut nadinya. Bila denyut jantung masih terasa tapi terus melemah, mintalah dia untuk batuk pelan. "Batuk bisa merangsang sumber listrik di jantung. Hal itu membantu menormalkan ritme jantung," tutur dr Jetty saat ditemui dalam sebuah acara Kamis (14/9/2017) di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Namun, pada orang yang denyut nadi dan detak jantungnya cepat, batuk tersebut tidak perlu dilakukan. Anda bisa langsung membantu orang tersebut untuk langsung beristirahat. Bantulah untuk mendapatkan posisi senyaman mungkin.

Berikan oksigen

Dalam posisi istirahat, bila di sekitar Anda ada oksigen, berikanlah kepada orang yang mengalami serangan jantung tersebut. Oksigen dapat membantu menghilangkan sesak yang terjadi karena serangan.

Letakkan obat di bawah lidah

Pada orang yang memang mengalami penyakit jantung, tentunya dia memiliki obat. Bila serangan jantung terjadi, letakkan tablet nitrat di bawah lidah untuk membantu menstabilkan keadaan orang yang terkena serangan.

BACA JUGA:

Tenangkan

Setelah kondisi orang yang terkena serangan jantung sudah tenang dan kondisinya berangsur pulih, segera bawa orang tersebut ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis. Waktu paling lambat untuk mendapatkan pertolongan medis adalah 6 jam setelah terjadinya serangan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini