Image

Perokok Cenderung Bersuara Serak dan Bergetar, Apa Penyebabnya?

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 20:56 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 09 14 481 1776145 perokok cenderung bersuara serak dan bergetar apa penyebabnya rzMRNMZYKA.jpg Ilustrasi (Foto: Menshealth)

RATA-rata kita sering jumpai para perokok bersuara serak. Kira-kira apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi dan bisakah dicegah?

Suara serak terjadi akibat pita suara yang terganggu. Apalagi bagi seorang perokok, pasti akan mengalaminya, karena rokok merupakan benda yang mengandung zat kimia berbahaya.

Tak cuma itu, rokok juga menyebabkan drainase tenggorokan. Tenggorokan menjadi kering dan panas, sehingga tak membuat Anda nyaman.

BACA JUGA:

Belum lagi, perokok sering kali batuk kering tanpa disadarinya. Hal ini terjadi saat usia merokok yang jelas membuat aktivitasnya terganggu.

"Perokok suaranya sering berisiko serak, di bagian tenggorokannya sulit sekali memproduksi lendir banyak, sehingga jadi serak dan bergetar," kata Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Kepala Leher Konsultan Laringofaringologi dr Zainal Adhim SpTHT-KL saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, baru-baru ini.

Begitu juga zat molekul berbahaya dari rokok, seperti nikotin dan tar dapat merusak jaringan organ tubuh lebih cepat. Merokok merupakan risiko tinggi mengalami kanker yang harus dicegah.

BACA JUGA:

Tak hanya mengidap kanker, para perokok juga sering mengalami peradangan di bagian tenggorokan, leher, mulut, hidung dan merembet ke paru-paru. Karenanya, para perokok harus mencegah faktor risiko ini supaya kualitas hidup tetap baik.

"Rokok semua kandungan zat kimianya berbahaya. Tapi sayangnya, para perokok cenderung sulit berhenti merokok karena kecanduan," terangnya.

Disebutkan dr Zainal, bahaya merokok tak cuma mengakibatkan gangguan paru. Tak banyak orang tahu bila rokok dapat juga mengganggu fungsi tenggorokan, hidung dan mulut yang tak boleh diabaikan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini