Image

OKEZONE WEEK-END: Awas! Remaja Berisiko Alami Kenaikan Berat Badan saat Pubertas

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Minggu 17 September 2017, 16:15 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 09 14 481 1776183 okezone week end awas remaja berisiko alami kenaikan berat badan saat pubertas TgGWiC7vWA.jpg Foto: wphaterapy

SEBUAH Penelitian University of Exeter di Inggris mengungkapkan, saat menginjak umur 10, rata-rata remaja mengeluarkan kalori tidak lebih dari 400 ccal.

Hal ini terjadi karena remaja pada masa pubertas cenderung malas berolahraga. Namun jangan khawatir bagi remaja putri, karena hal ini tidak berlaku.

(Baca juga: Tidak Makan Nasi saat Sarapan, Diet Anda Justru Bisa Gagal).

Dilansir dari Times of India, saat masa pubertas, justru mereka lebih bersemangat berolahraga dibandingkan remaja putra. Namun, kebiasaan ini tidak bisa dibiarkan. Pasalnya, malas berolahraga bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti diabetes.

Penelitian ini dilakukan selama 12 tahun guna menemukan hubungan antara pubertas, obesitas, dan diabetes. Selanjutnya, peneliti menganalisis data yang dikumpulkan dari 350 responden anak-anak sekolah di Inggris yang dinilai setiap enam bulan sampai berumur 16 tahun.

Peneliti mengambil sampel darah masing-masing responden yang digunakan untuk melihat kesehatan metabolisme, tingkat metabolisme, dan seberapa sering mereka lakukan aktivitas fisik. Hasil penelitian ini pun menunjukkan bahwa terjadi penurunan jumlah kalori yang terbakar saat memasuki masa pubertas yang memicu kenaikan berat badan.

"Ketika kami mencari penjelasan terjadinya peningkatan anak obesitas di masa-masa pubertas, kami cukup terkejut menemukan terjadinya penurunan jumlah kalori yang terbakar selama remaja memasuki masa-masa pubertas," papar Profesor di University of Exeter di Inggris, Terry Wilkin, dilansir dari Sindonews.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini