5 Cara Mengiris Bawang Tanpa Bikin Mata Perih hingga Menangis, Termasuk Gunakan Lilin

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Jum'at 15 September 2017 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 15 298 1776478 5-cara-mengiris-bawang-tanpa-bikin-mata-perih-hingga-menangis-termasuk-gunakan-lilin-uPYLAZdaXL.jpg Ilustrasi (Foto: Google)

TIDAK semua orang mau melakukan kegiatan memotong bawang. Mereka beralasan karena hal itu bisa membuat menangis. Lantas, adakah solusi mudahnya?

Bagi sejumlah orang, mengiris bawang menjadi kegiatan yang menyebalkan. Pasalnya, saat mengirisnya memberikan sensasi perih di mata hingga membuat menangis.

Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa dalam bawamg yang dapat menguap saat diiris dan menyebabkan mata menjadi perih. Untuk menghilangkan senyawa tersebut, mata mengeluarkan air mata.

Meski demikian, hal ini bisa dicegah dengan beberapa cara. Berikut lima cara agar tidak menangis saat memotong bawang seperti dilansir dari Brightside.

1. Gunakan pisau yang sangat tajam

Pisau yang sangat tajam dipercaya bisa mengurangi gesekan dengan bawang yang menyebabkan senyawa menguap lebih banyak. Dengan demikian, sensasi mata perih pun bisa berkurang.

2. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet saat memotong bawang bisa meminimalisir sensasi perih saat memotong bawang. Hal ini berat gerakan mengunyah tersebut.

3. Rendam bawang ke dalam air

Rendam bawang ke dalam air sebelum diiris. Selanjutnya bagi dua bawang dan rendam lagi. Ulangi cara ini selama beberapa kali hingga tidak lagi terasa perih.

4. Gunakan kipas angin

Kipas angin akan membawa senyawa bawang menguap. Cara ini membantu Anda tidak lagi merasakan perih di mata saat memotong bawang.

5. Nyalakan lilin

Nyala api dari lilin dipercaya akan mengurangi efek dari senyawa bawang pada mata. Karena itu, saat sedang mengiris bawang jangan lupa nyalakan lilin dan letakkan di sekitar Anda. Demikian ditulis situs Sindonews.

Baca Juga:

Santap Banyak Pie, Cara Aktor Hollywood Christian Bale Naikkan Berat Badan
Lakukan Olahraga Ekstrem, Gadis Ini Alami Kondisi Tubuh yang Membahayakan
5 Tombol yang Sebenarnya Dihindari Pilot saat Kendalikan Pesawat Terbang
4 Wanita Paling Berpengaruh dalam Industri Kuliner Internasional

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini