nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

COOKING GADGET: Punya Slow Cooker di Rumah? Ingat, Jangan Digunakan Masak 5 Makanan Ini, Salah Satunya Kulit Ayam

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 18 September 2017 07:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 15 298 1776792 cooking-gadget-punya-slow-cooker-di-rumah-ingat-jangan-digunakan-masak-5-makanan-ini-salah-satunya-kulit-ayam-207gkNjnE8.jpg Kulit ayam jangan dimasak dengan slow cooker (Foto:Nibble)

ALAT masak slow cooker belakangan ini tengah menjadi tren karena kecanggihannya. Banyak makanan yang kabarnya bisa dimasak dan menghasilkan rasa lezat bak racikan koki professional.

Berbagai makanan bisa diolah dengan alat ini tapi umumnya untuk mengolah makanan bertekstur keras yang membutuhkan waktu lama untuk memasaknya. Meskipun terkesan mudah, alat ini tidak bisa diandalkan untuk memasak beberapa jenis makanan, terutama makanan yang bertekstur lunak.

Dilansir dari ThisisInsider, Senin  (18/9/2017) berikut 5 Makanan yang tidak bisa dimasak menggunakan alat slow cooker.

BACA JUGA:

Rekomendasi Resep Nasi Goreng Petai Hidangan Favorit Raisa Andriana

Niat Banget! Pria Ini Selundupkan Vodka ke Konser Musik 3 Pekan Sebelumnya!

Pasta

Jika nekat memasak pasta menggunakan slow cooker, jangan harap ada pasta al dente yang tersaji. Karena pasta cepat menyerap air maka bahan makanan ini akan mudah menjadi lembek. Jadi cukup masak pasta menggunakan panci di atas kompor. Siapa juga yang mau menyantap pasta lembek.

 

Rempah segar

Memasak makanan yang banyak mengandung bumbu dan rempah segar idealnya dimasak dalam waktu cepat. Jika mengolahnya di dalam slow cooker, rempah segar ini akan menjadi layu, berwarna coklat dengan rasa yang tidak aromatik lagi. Sebagai solusi, tambahkan rempah ini di akrir proses memasak.

Kulit ayam

Memasak ayam menggunakan alat slow cooker memang sah saja tapi cobalah memisahkan bagian kulitnya. Pasalnya kulit ayam yang dimasak lama akan menyebabkan teksturmya menjadi kenyal dan keras tak karuan. Beda hasilnya jika kulit ayam dimasak dengan proses dipanggang. Kulit ayam akan terasa garing dan beraroma menggoda.

BACA JUGA:

Singapura Punya Presiden Baru yang Ternyata Dulunya Penjual Nasi Padang

Ups! Begini Loh Cara Tepat Memotong Roti

Beras

Nasi terbaik adalah yang dimasak secara tradisional menggunakan panci. Memasak nasi menggunakan slow cooker akan membuat bulir biji beras menjadi hancur. Meskipun simpel tapi jangan pernah memasak nasi menggunakan slow cooker, kecuali jika Anda ingin membuat bubur.

 

Wine

Wine memang kadang digunakan dalam masakan untuk menghasilkan sensasi rasa yang berbeda. Tapi jangan pernah mencampurkan wine dalam masakan yang diolah menggunakan slow cooker. Mencampurkan wine dalam alat masak ini sama saja seperti merusak makanan Anda karena rasa masakan akan menjadi tidak enak. Wine hanya ditambahkan pada masakan yang diolah dengan cepat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini