Image

OKEZONE WEEK-END: Intip Tren Diet dengan Menyerap Sinar Matahari di Hong Kong

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 17 September 2017, 17:30 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 09 15 406 1776560 okezone week end intip tren diet dengan menyerap sinar matahari di hong kong eHHoznjnwq.jpg Ilustrasi (Foto: Dailymail)

DUA tahun yang lalu, tren diet baru dilakukan oleh sekelompok wanita di Hong Kong. Jika biasanya seseorang melakukan olahraga berat dan mengubah pola makanan untuk menurunkan berat badan, maka berbeda dengan yang dilakukan di Hong Kong.

Sekelompok wanita berusia 20 sampai 30 tahun berbaris rapi setiap hari dan menatap langsung ke matahari. Tempat yang sering dikunjungi adalah pantai atau di tanah lapang, di mana sinar matahari tak terhalang dan dapat langsung terpapar pada tubuh mereka. Mereka percaya saat tubuh terkena paparan matahari secara langsung maka dapat menyerap kalori dan menggantikan makanan.

Baca Juga: 4 Aturan Makan Ini Mungkin Belum Anda Ketahui, Usahakan Makan 3 Jam Sebelum Tidur Salah Satunya!

Selain itu, menatap sinar matahari dipercaya dapat membuat mereka tahan lapar. Sehingga bisa mengurangi konsumsi makanan agar menjadi lebih kurus. Bahkan, menyerap energi matahari dianggap dapat menjadi pengganti kalori dalam tubuh.

Diet ini dilakukan selama dua kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari sebelum matahari terbenam. Mereka akan memasang kacamata hitam, melepas alas kaki, memasang timer, dan fokus menatap ke arah matahari. Tak jarang, mereka menggunakan tisu untuk menutup bagian bawah wajahnya. Ada pula yang sengaja membawa payung untuk melindungi bagian depan tubuh mereka.

Pada awalnya, seseorang akan berdiri dan menatap matahari selama 10 detik. Kemudian mereka akan menambahkan durasi 10 detik setiap melakukannya. Hingga mereka akan menatap matahari sampai 44 menit lamanya ketika sudah di bulan ke-9.

Baca Juga: Hanya Butuh 3 Hari, Begini Cara Detox Tubuh dari Kelebihan Gula

Orang-orang yang melakukan hal ini percaya bahwa menatap matahari sama seperti mengonsumsi energi surya dari matahari. Mereka juga percaya kegiatan ini dapat menurunkan nafsu makan. Bahkan ada yang tidak makan sama sekali setelah melakukan diet ini selama beberapa waktu.

Selain untuk alasan menurunkan berat badan, kebiasaan menatap matahari secara langsung juga dipercaya dapat memberi efek positif pada kesehatan. Sinar matahari dianggap bisa membuat tubuh terasa bugar, sehat, meningkatkan kualitas penglihatan dan tidur mereka. Namun para ahli justru khawatir akan risiko tinggi kerusakan mata apabila hal ini dilakukan terus-menerus.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini