Mata Merah Saat Bangun Tidur? Menangis dan Main HP Pemicunya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 15 September 2017 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 15 481 1776401 mata-merah-saat-bangun-tidur-menangis-dan-main-hp-pemicunya-KLtJXR0EPS.jpg

MASALAH setelah bangun tidur beragam. Ada yang berfokus pada bagian perut, kepala, pun juga mata. Ya, mata kering dan merah banyak dialami masyarakat setelah dia bangun tidur.

Yang perlu Anda ketahui, secara alamiah, ketika Anda terlalu lama tidur memang bisa menyebabkan mata merah. Namun, kondisi yang demikian biasanya akan hilang setelah Anda mencuci muka. Nah, kalau yang tidak hilang dan ada rasa gatal atau nyeri, itu kenapa ya?

Dilansir dari All About Vision, Jumat (15/9/2017), ternyata ada beberapa faktor penyebab yang membuat kondisi mata Anda bermasalah setelah bangun tidur.

1. Infeksi

Ini mungkin yang paling sering terjadi. Penyebabnya sendiri tidak diketahui secara jelas, namun diperkirakan karena adanya iritasi mata sebelum Anda tidur. Atau saat Anda tidur, faktor risiko itu meningkat karena debu kasur atau bantal.

(Baca Juga: Mata Merah, Begini Cara Mengatasinya Tanpa Obat)

2. Menangis sebelum tidur

Sadar atau tidak, ketika Anda menangis sebelum tidur, maka kondisi mata di pagi hari akan lebih sembab dan mata kering. Hal tersebut terjadi karena cairan air mata dikeluarkan terlalu banyak dan itu tentunya akan menggangu kondisi mata keseluruhan. Makanya, jangan heran juga kalau malamnya nangis, paginya mata Anda banyak kotorannya.

3. Penggunaan kontak lensa

Ini mungkin terjadi pada mereka yang malas! Ya, pengguna kontak lensa biasanya banyak yang mengabaikan pembersihan mata selepas menggunakan lensa kontak seharian. Padahal, kondisi mata yang tidak bersih dan letih akan memengaruhi kualitas mata itu sendiri di pagi harinya.

(Baca Juga: Mata Merah? Waspada, Iritasi Ini Bisa Jadi Gejala Sindrom yang Sering Tidak Terdeteksi)

4. Lama menatap laptop atau layar HP sebelum tidur

Masalahnya generasi milenial. Sebelum tidur mengecek ponsel untuk sekadar mengetahui info terakhir. Kebiasaan ini tentunya merugikan diri Anda, khususnya berpengaruh pada kesehatan mata.

5. Flu dan batuk

Ketika Anda pilek, otomatis mata Anda akan menjadi merah. Sebetulnya, kondisi ini terjadi karena ada masalah infeksi sinus dan menyebabkan kondisi mata menjadi merah.

(Baca Juga: Berjalan di Atas Rumput Mampu Meningkatkan Kesehatan Mata Anda)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini