nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lakukan Olahraga Ekstrem, Gadis Ini Alami Kondisi Tubuh yang Membahayakan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 15 September 2017 11:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 15 481 1776440 lakukan-olahraga-ekstrem-gadis-ini-alami-kondisi-tubuh-yang-membahayakan-HFZSZZ5L1N.jpg Olahraga Ekstrem (Foto: Worldofbuzz)

SEBAGAI upaya untuk menurunkan berat badan, biasanya seseorang akan melakukan diet dan olahraga secara disiplin. Nah, masalahnya, pada mereka yang berbadan tambun atau terlalu besar, olahraga dan diet ekstrim biasanya dipilih. Alasannya jelas, biar hasilnya cepat terlihat.

Padahal, tindakan seperti itu malah akan membahayakan kondisi kesehatannya sendiri. Begitu juga yang dialami siswi SMA di China yang harus dilarikan ke rumah sakit setelah memaksakan diri berolahraga di tempat kebugaran atau gym secara ekstrem.

Seperti dilansir dari World of Buzz, Jumat (15/9/2017), dikabarkan ada seorang gadis bernama Xiao Lan yang baru saja menyelesaikan ujian sekolah dan memutuskan untuk melakukan program penurunan berat badan. Tujuannya jelas agar lemak dalam tubuhnya bisa hilang. Dikabarkan, siswi yang berasal dari Wuhan, China, ini memiliki berat 75 kilogram dan ingin mendapatkan tampilan baru sebelum kembali lagi ke sekolah. Motivasi yang positif sebetulnya!

Baca Juga: Perokok Cenderung Bersuara Serak dan Bergetar, Apa Penyebabnya?

Nah, upaya yang dilakukan Xiao untuk menurunkan berat badannya itu adalah dengan pergi ke gym dan bersepeda dengan sepeda stasioner selama satu jam penuh. Meskipun bagi sebagian orang ini bukanlah latihan yang eksplosif, namun bagi Xiao yang hampir tak pernah berolahraga, ototnya tak bisa mengimbangi latihan yang dijalaninya itu.

http://www.worldofbuzz.com/wp-content/uploads/2017/09/Screen-Shot-2017-09-11-at-11.36.45-AM-768x430.png

Dalam beberapa hari setelahnya, betis Xiao mengalami rasa sakit yang luar biasa dan air kencingnya menjadi hitam. Dilansir media lokal Sinchew, warna air seni Xiao pun digambarkan sebagai 'warna kecap' atau hitam pekat. Khawatir dengan kesehatannya, Xiao memutuskan pergi ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

"Secara normal, enzim otot dan mioglobin untuk orang normal adalah antara 100 dan 200, tapi hasil pembacaan Xiao mencapai angka di atas 20.000!" kata dokter yang menangani Xiao.

Menurut dokter, Xiao Lan didiagnosis mengidap rhabdomyolisis atau kondisi dimana serabut otot menjadi mati dan mengalirkan isinya ke dalam aliran darah. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi serius seperti gagal ginjal dan juga bisa mengakibatkan kematian.

Baca Juga: Berikan Oksigen Tambahan, Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan untuk Penderita Serangan Jantung

Dokter yang menangani Xiao juga mengungkapkan bahwa kondisi Xiao Lan kemungkinan besar disebabkan oleh peningkatan latihan otot secara mendadak. Hal tersebut melepaskan enzim dan mioglobin ke dalam aliran darah yang bahkan bisa merusak organ tubuh lainnya.

http://www.worldofbuzz.com/wp-content/uploads/2017/09/Screen-Shot-2017-09-11-at-11.20.48-AM-768x415.jpg

Beruntungnya, kondisi Xiao Lan sekarang sudah dalam keadaan stabil. Upaya dokter mengisi cairan di tubuhnya dan mengeluarkan racun dari darah Xiao. Kejadian inipun bisa menjadi pelajaran bagi pemula yang baru memulai olahraga di tempat kebugaran.

Dokter menyarankan jika intensitas olahraga meningkat, maka istirahat juga harus lebih lama. Dan jika otot mulai terasa sakit sebaiknya jangan dipaksakan. Minum air putih juga harus ditingkatkan untuk membersihkan racun di dalam darah. Ingat, dengan memaksakan tubuh berlatih tanpa mengetahui batasan tubuh, maka kondisi buruk yang akan terjadi.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini