Image

OKEZONE WEEK-END: Ini Dia! 5 Makanan yang Harus Dihindari saat Makan Siang agar Tetap Langsing

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Minggu 17 September 2017, 13:15 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 09 15 481 1776475 okezone week end ini dia 5 makanan yang harus dihindari saat makan siang agar tetap langsing 8a44dd0oY5.jpg Ilustrasi burger (Foto: eatthis)

SUDAH makan siang? Seharusnya jam segini Anda sudah atau sedang menikmati hidangan makan siang yang lezat di akhir pekan. Namun bagi Anda yang sedang menjalankan diet, makan siang mungkin tak lagi sebebas biasanya.

Selalu ada pakem-pakem yang diperhatikan saat menjalankan diet agar tujuan tercapai. Salah satunya adalah pilihan menu makan siang. Sebagai pelaku diet, pilihan menu makan siang yang tepat bisa membantu Anda tetap berenergi, tidak mudah lapar, dan mengantuk setelah makan. Seperti dikutip dari Sindonews, inilah beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat makan siang agar diet berhasil dan tubuh melangsing.

(Baca juga: Tanpa Sedot Lemak, Ibu 1 Anak Berbobot 138 Kg Sukses Turunkan 66 Kg, Bagaimana Caranya?)

1. Pasta
Mengonsumsi satu piring pasta berukuran besar membuat tubuh dipenuhi oleh karbohidrat dalam jumlah besar. Akibatnya, menjadi mudah mengantuk. Sedangkan pada mereka yang bekerja di depan komputer, hal ini bisa membuat tubuh menjadi lemas dan mudah mengantuk.

2. Burger dan kentang goreng
Burger dan kentang goreng kerap dipilih sebagian menu makan siang dengan alasan lezat, cepat dihidangkan dan praktis. Sayangnya dua jenis makanan tersebut harus dihindari karena mengandung kalori dalam jumlah yang sangat tinggi. Bahkan, sebagian besar kandungan yang dimiliki burger dan kentang goreng merupakan lemak jenuh tidak sehat. Akibatnya, berat badan mudah naik dan lemak trans menyumbat pembuluh arteri.

3. Sandwich instan
Jika ingin berdiet dengan cara sehat, sebaiknya hindari membeli sandwich instan dan memanaskannya di microwave. Memang makanan ini praktis, tapi ternyata sandwich instan yang disimpan di dalam lemari es dan didinginkan sampai berhari-hari banyak mengandung zat pengawet. Belum lagi mayones dan keju di dalamnya juga bisa menambah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dan menambah berat badan.

4. Sayur tanpa lauk
Meski menyehatkan dan memang kerap menjadi santapan para pelaku diet, namun ternyata konsumsi sayur tanpa lauk tidak dianjurkan para pakar. Pasalnya, sayuran tidak memiliki protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, hanya mengonsumsi sayuran juga membuat Anda merasa lebih cepat lapar. Akibatnya Anda malah bisa mengonsumsi makanan secara berlebihan saat sesi makan berikutnya. Alih-alih berdiet malahan makan dengan rakus, bahaya, kan? Jika ingin tetap mengonsumsi sayuran dengan cara sehat untuk makan siang, tambahkan saja protein seperti daging ayam serta karbohidrat kompleks seperti apel atau gandum.

5. Kue ulang tahun
Kue ulang tahun memang tampak sangat menggoda. Namun kue ini justru minim nutrisi dan membuat gula darah cepat naik. Ini berarti Anda malahakan akan cepat lapar dan berisiko makan dengan porsi yang berlebihan di sesi makan berikutnya.

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini