nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bibir Pecah-Pecah Oleskan Saja Mentega, Jangan Pakai Lip Balm dan Lipstik

Agregasi Solopos, Jurnalis · Jum'at 15 September 2017 16:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 15 481 1776740 bibir-pecah-pecah-oleskan-saja-mentega-jangan-pakai-lip-balm-dan-lipstik-Uooyl7lTIm.jpg

SOLO – Bibir pecah-pecah merupakan momok bagi wanita. Bukan hanya menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, kondisi ini juga membuat penampilan kurang ciamik.

Ada banyak hal yang membuat bibir pecah-pecah. Mulai dari cuaca panas, kebiasaan menggigit bibir, memakai lipstik matte, sampai kurang minum dan vitamin C. Kebanyakan wanita biasanya mengoleskan pelembap bibir untuk mengatasi kondisi ini. Tapi, faktanya hal itu tidak bisa mempercepat proses penyembuhan.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang justru memperburuk kondisi bibir pecah-pecah. Mau tahu? Simak ulasannya seperti dikutip dari Pop Sugar, di bawah ini:

Mengoleskan lip balm

Memakai lip balm sama sekali tidak membantu proses penyembuhan bibir kering dan pecah-pecah. Mengaplikasikan pelembap secara terus menerus justru membuat bibir semakin kering. Sebab, bibir yang kering lebih sensitif terhadap bahan kimia.

(Baca Juga: Atasi Masalah Bibir Kering dan Pecah-Pecah dengan Masker Bibir)

Memakai lipstik terlalu lama

Pemakaian lipstik dalam waktu lama juga memperburuk kondisi bibir kering. Lipstik mengandung bahan kimia keras yang membuat bibir makin sensitif. Sebaiknya, hindari pemakaian lipstik matte saat bibir dalam kondisi kering. Pilihlah lipstik satin yang mengandung lebih banyak pelembap.

Menjilati bibir

Kebanyakan orang biasanya akan menjilati bibir saat terasa kering. Bahkan, ada beberapa orang yang nekat menggosok bibir untuk mengangkat sel kulit mati. Padahal, cara itu akan memperparah kondisi bibir. Menggosok bibir akan membuatnya iritasi dan lebih sensitif.

(Baca Juga: Hobi Minum Kopi Bikin Bibir Pecah-Pecah?)

Mengonsumsi makanan pedas

Hindari makanan pedas saat bibir dalam kondisi kering dan pecah-pecah. Rasa pedas menimbulkan sensasi terbakar yang memperparah kondisi bibir. Selain itu, hindari pula makanan yang panas karena memperparah peradangan.

(Baca Juga: Sikat Bibir, Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah)

Itulah beberapa hal yang memperparah kondisi bibir kering. Hindari semua hal itu jika bibir Anda sedang mengalami masalah. Jika ingin cepat sembuh, oleskan mentega pada bibir saat sedang bersantai. Kandungan alami dalam mentega mempercepat penyembuhan dan membuat bibir lebih lembap.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini