nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

COOKING GADGET: Tanpa Disadari, Ini 5 Kesalahan yang Sering Anda Lakukan saat Membersihkan Peralatan Dapur

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 16 September 2017 15:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 16 298 1777280 cooking-gadget-tanpa-disadari-ini-5-kesalahan-yang-sering-anda-lakukan-saat-membersihkan-peralatan-dapur-ErvuvbX04d.jpg Ilustrasi (Foto: Thekitchn)

MESKI terlihat mudah, membersihkan peralatan dapur bukanlah perkara mudah. Kegiatan ini harus dilakukan dengan benar agar peralatan dapur tetap awet, serta menghindari Anda dari kontaminasi kuman-kuman penyakit.

Dilansir dari Delish, Sabtu (16/9/2017), berikut beberapa kesalahan yang harus Anda hindari saat membersihkan atau mencuci peralatan dapur di rumah.

Tidak mencuci piring dan gelas dengan tangan

Membersihkan peralatan dapur dengan menggunakan mesin pencuci piring (dishwasher) memang sangat praktis dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun, jika Anda mencuci barang pecah belah seperti piring dan gelas dengan alat tersebut, terkadang Anda akan menemukan noda kotoran yang tidak tercuci dengan bersih. Cucilah piring dan gelas dengan menggunakan tangan agar semua kotoran dapat dibersihkan dengan baik.

Baca Juga:

Menyusun rapi sendok

Sebagian orang kerap menyusun rapi sendok ke arah yang sama sebelum dimasukkan ke dalam mesin pencuci piring. Hal tersebut mungkin akan mempermudah mereka untuk mengambilnya kembali, namun besar kemungkinan bahwa sendok tidak akan terlalu bersih meski telah dicuci. Untuk mengakalinya, sendok harus dimasukkan beberapa saja ke saat hendak menggunakan mesin pencuci piring.

Panci tidak dikeringkan

Selain piring, gelas, dan sendok, panci termasuk peralatan dapur yang dapat Anda cuci menggunakan mesin pencuci piring. Namun, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan, salah satunya adalah segera keringkan panci untuk mencegah karat.

Baca Juga:

Menggunakan sabun pada peralatan anti karat

Anda mungkin berpikir bahwa sabun cuci dapat digunakan untuk mencuci semua peralatan dapur. Namun menurut Forte, ada beberapa jenis peralatan dapur yang tidak boleh terkena sabun cuci yakni, kompor dan lemari es. Untuk membersihkannya, anda bisa menggunakan sabun pembersih khusus untuk stainless steel.

Hanya membilas talenan

Talenan merupakan salah satu alat dapur yang paling sering digunakan. Alat ini berfungsi untuk mempermudah Anda dalam memotong bahan-bahan makanan. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui cara terbaik untuk membersihkan talenan. Mereka hanya mencuci talenan dengan air sabun lalu dikeringkan. Untuk menghindari talenan dari bakteri penyebab penyakit, Anda harus merendamnya dengan larutan pemutih.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini