Image

OKEZONE WEEK-END: 5 Fakta Tentang Menu Diet Para Atlet Ternama, Sarapan Porsi Banyak Makan Malam Cukup Buah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 17 September 2017, 19:30 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 09 16 298 1777344 okezone week end 5 fakta tentang menu diet para atlet ternama sarapan porsi banyak makan malam cukup buah b0LG2DbTTc.jpg Menu diet atlet (Foto:Bodybuilding)

BERBEDA dengan para artis Hollywood yang menerapkan program diet demi mendapatkan tubuh langsing, para atlet olahraga justu menerapkan diet ketat untuk mendapatkan energi, sekaligus untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Beberapa di antara mereka bahkan mengonsumsi kalori dan karbohidrat yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Dilansir Okezone dari berbagai sumber,  berikut diet makanan yang diterapkan para atlet dunia dalam kehidupan mereka sehari-hari. Anda mungkin akan terkejut ketika mengetahui porsi makanan yang mereka santap.

BACA JUGA:

OKEZONE WEEK-END: Ikut Program Diet Ketogenic Tetap Bisa Makan Dessert Enak Lho, Coba 2 Resep Ini di Rumah

RESEP NENEK: 2 Pilihan Ikan Bakar untuk Makan Malam, Bumbu Padang dan Taliwang yang Sedap Menggoda!

Konsumsi banyak kalori

Mengingat aktivitas yang dilakukan para atlet cukup tinggi, mereka tentunya membutuhkan asupan kalori yang sangat banyak. Sebagai contoh, para atlet senam dan renang setidaknya harus mengonsumsi sekitar 2.000 - 2.500 kalori per hari. Sementara untuk para pemain sepak bola diwajibkan untuk menyantap makanan dengan kandungan kalori mencapai 4.500. Untuk asupan kalori terbanyak ternyata dikonsumsi oleh para atlet sepeda yakni, 8.000 kalori per hari. Asupan kalori ini tentunya akan diimbangi dengan nutrisi esensial lainnya seperti lemak sehat, karbohidrat, dan vitamin.

Porsi sarapan yang sangat banyak

Seperti diketahui bahwa sarapan merupakanan paling penting yang harus dikonsumsi manusia untuk menunjang aktivitas mereka. Hal ini juga berlaku bagi para atlet dunia. Brianna Decker, seorang atlet Hoki, mengatakan bahwa ia selalu mengonsumsi telur yang dilengkapi dengan sayuran, ayam, atau steak pada saat sarapan pagi. Untuk menu makan malamnya, Brianna hanya mengonsumsi buah-buahan segar. Hal ini disebabkan karena saat pagi hari, gula darah yang ada dalam tubuhnya cenderung rendah sehingga diperlukan energi yang cukup besar sebelum memulai sesi latihan.

Konsumsi banyak protein

Untuk mempertahankan, memperbaiki, serta menumbuhkan massa otot, para atlet juga harus mengonsumsi protein yang sangat banyak. Nutrisi ini berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh mereka. Biasanya para atlet akan memasukkan salmon, ayam panggang, dan telur ke dalam daftar menu diet mereka.

BACA JUGA:

WALK & WOK: Tao Pho, Dessert Tahu Khas Vietnam yang Mirip Kembang Tahu

COOKING GADGET: Tanpa Disadari, Ini 5 Kesalahan yang Sering Anda Lakukan saat Membersihkan Peralatan Dapur

Kue sebagai camilan utama

Para atlet ternyata memiliki camilan khusus yang harus mereka konsumsi setiap hari. Camilan tersebut tidak lain adalah sajian kue nan lezat. Beberapa atlet bahkan mengonsumsi makanan ini hingga tiga kali sehari. Biasanya mereka akan menyantap kue setelah selesai latihan karena sangat ampuh untuk memulihkan energi dan otot. Tidak hanya kue, mereka juga kerap mengonsumsi makanan ringat seperti almond, pisang, dan selai kacang. Pesenam Aly Raisman mengaku selalu mengonsumsi susu cokelat dengan campuran buah-buahan segar setelah latihan.

Karbohidrat

Ahli gizi senior asal Amerika Serikat, Nanna Meyer, mengungkapkan bahwa asupan karbohidrat dan kalori antara diet wanita dan pria memiliki beragam variasi. Sebagai contoh, perenang Ryan Lochte selalu mengonsumsi 487 gram karbohidrat per hari untuk menjaga staminanya. Asupan karbohidrat tersebut ia dapatkan dari beberapa jenis makanan seperti, chicken nuggets, double cheese burger, serta kentang goreng.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini