Image

OKEZONE WEEK-END: Catat! Ingin Langsing dengan Pakai Korset Berbahaya, Risiko Penyempitan Pembuluh Darah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 17 September 2017, 15:00 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 09 16 481 1777034 okezone week end catat ingin langsing dengan pakai korset berbahaya risiko penyempitan pembuluh darah oftRfr1MF2.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BERKEMBANGNYA jenis diet di Indonesia memberikan banyak pilihan bagi masyarakat. Ada yang fokus pada pengurangan karbohidrat, penambahan protein, atau juga diet whale food. Tak sedikit juga dari mereka yang mengandalkan alat bantu sebagai upaya dietnya.

Tapi, sebetulnya, menurut ahli gizi, diet yang tepat itu bagaimana sih?

Dijelaskan Nutrisionist DR. (c) Rita Ramayulis, DCN. M.Kes, pada dasarnya diet penurunan berat badan itu adalah energi yang masuk lebih sedikit daripada yang dikeluarkan tubuh. ’’Ini merupakan prinsip penurunan berat badan yang utama,’’ terangnya pada Okezone melalui telewicara, baru-baru ini.

Rita melanjutkan, jenis diet ini banyak macamnya. Salah satu yang paling banyak diterapkan adalah diet asupan makanan. Selain itu, Anda juga mungkin mengenal jenis diet yang lebih memofuskan pada olahraga dibandingkan asupan makanannya.

Baca Juga:

Sementara itu, terkait dengan diet menggunakan alat seperti korset atau stagen, menurut Rita itu merupakan bentuk strategi diet yang kurang cerdas. Sebab, penggunaan korset malah akan membahayakan tubuh penggunanya.

Namun, yang perlu Anda ketahui adalah penggunaan korset itu mampu menurunkan keinginan untuk makan. Hal tersebut terjadi karena ketika bagian sistem pencernaan Anda mendapatkan tekanan, maka secara alamiah perut Anda akan merasa begah.

’’Mungkin konsep ini yang kemudian menjadi acuan, tapi tetap harus cerdas menerapkannya,’’ ungkap Rita.

Kemudian, dia juga menjelaskan bahwa penggunaan korset yang terlalu lama pun berbahaya bagi kesehatan tubuh. Salah satu risiko yang bakal terjadi adalah penyempitan pembuluh darah. Kalau kondisi itu sudah terjadi, aliran oksigen akan berkurang, tubuh Anda malah akan mudah sakit.

Baca Juga:

Bahkan, sekadar menggunakan korset di jam kerja pun menurut Rita itu kurang baik. Pasalnya, penggunaan korset di tempat kerja akan membuat tubuh Anda sulit bergerak. Kalau sudah begitu, aktivitas sehari-hari tentunya akan terganggu. Kembali, peredaran darah akan terganggu jika perut mendapat terlalu kuat tekanan.

Yang tidak kalah bahaya lagi adalah mereka yang menggunakan teknik diet korset ini sampai dibawa tidur. Aduh! Sangat berbahaya sekali. ’’Karena peredaran darah menyempit, kalau Anda pakai korset saat tidur, sistem pernapasan pun akan terganggu. Jadi, bahayanya bisa sangat kompleks,’’ tambahnya.

Perlu Anda sadari, penggunaan korset sebetulnya hanya untuk keperluan estetika. Perempuan yang menggunakan korset biasanya mereka yang ingin mengenakan kebaya. Itu pun dilakukan agar bentuk tubuhnya lebih terbentuk. ’’Bukan untuk fungsi kesehatan,’’ tegas Rita.

Dia menambahkan, bagi Anda yang memang ingin mengenakan korset, hal yang perlu diperhatikan adalah jangan mengonsumsi makanan padat karbohidrat saat mengenakan korset. Ini tentunya akan berpengatuh pada kualitas badan dan kualitas dari makan itu sendiri.

’’Saya sangat tidak rekomendasikan siapa pun menggunakan strategi diet menggunakan korset. Sebab, bahaya kesehatan dari pemakaian alat tersebut malah lebih besar dibandingkan manfaatnya,’’ pungkas Rita.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini