nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Parameter Kesuksesan Diet, Membuat Orang Bebas Penyakit dan Mudah Kendalikan Berat Badan

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 16 September 2017 10:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 16 481 1777037 okezone-week-end-parameter-kesuksesan-diet-membuat-orang-bebas-penyakit-dan-mudah-kendalikan-berat-badan-mrQeep1vMt.jpg Ilustrasi (Foto: Newsapi)

SESEORANG yang menjalani diet, tak hanya berhasil menurunkan berat badan. Kesuksesan parameter diet banyak sekali manfaatnya, mulai dari membangun metabolisme hingga membangkitkan energi.

Karena itu, setiap orang baik yang tak ingin melangsingkan badan harus tetap menjalani diet seimbang. Perhatikan pole makan Anda setiap hari agar tak memicu obesitas.

Dengan menjalankan diet seimbang, Anda harus memperbanyak asupan protein, serat, lemak baik, dan beberapa sumber vitamin lainnya. Hindari konsumsi karbohodrat kompleks berlebihan dan beberapa jenis lemak jenuh.

Baca Juga:

Begitu juga batasi konsumsi minuman dan makanan serba manis. Keduanya, bisa mengganggu fungsi metabolisme Anda, sehingga membuat tubuh jadi lebih gampang sakit.

Tak hanya itu, melakukan diet juga dapat membuat Anda mencegah penyakit kronis. Karena tubuh yang obesitas lebih mudah menderita penyakit berbahaya di masa tua.

Lebih lanjut, ada hal penting yang harus Anda tahu saat sukses menjalankan diet. Simak ulasannya berikut, dilansir Livestrong, Sabtu (16/9/2017).

Pengendalian berat badan

Seseorang yang melakukan diet jadi mudah mengendalikan berat badannya. Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dengan mengonsumsi biji-bijian, sayuran dan buah-buahan, serta berbagai produk susu dan daging yang kaya protein. Tapi Anda harus menghindari konsumsi makanan berlemak jenuh dan makanan manis. Kebiasaan ini dapat membuat tubuh Anda sulit mengendalikan berat badan dan harus dicegah.

Sistem kekebalan tubuh

Diet seimbang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Pastikan Anda mendapatkan sumber makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Ini diperlukan agar fungsinya tetap efisien.

Baca Juga:

Menurut Direktur Pusat Penelitian Pencegahan Penyakit Yale David Katz, MD, MPH, melengkapi nutrisi harian sangat penting untuk produksi dan pemeliharaan sel yang dapat melawan kuman. Sehingga, hal ini dapat membantu memelihara sistem kekebalan tubuh, sehingga menjaga tubuh dari infeksi.

Kesehatan jantung

American Heart Association menyebutkan, seseorang yang menjalankan diet sehat menjadi senjata terbaik untuk melawan penyakit kardiovaskular. Anda harus memperbanyak makan biji-bijian, buah-buahan dan sayuran kaya akan vitamin, mineral dan serat dan juga rendah kalori.

Dengan menjalankan diet seimbang, Anda bisa mengendalikan berat badan dan menjaga tubuh dari masalah hipertensi. Sementara itu, American Heart Association juga menyarankan Anda untuk konsumsi sumber minyak ikan, seperti tuna, salmon, mackarel yang mengandung asam lemak omega-3, yang terbukti dapat melawan penyakt jantung.

Membangkitkan energi

Salah satu manfaat paling mencolok dari diet seimbang yakni dapat membangkitkan energi. Karena itu, Anda harus memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan yang dibutuhkan oleh tubuh. Belum lagi, Anda harus memikirkan menu makanan sumber karbohidrat sehat, seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan. Bila persediaan energi tetap stabil, Anda juga bisa menjaga kadar gula darah supaya tetap normal sepanjang hari.

Mencegah stres

Mengatur pola diet yang tepat wajib dilakukan seseorang. Sekali lagi, manfaatnya tidak cuma menurunkan berat badan, tetapi juga dapat mencegah stres. Pola makan yang tepat bisa membuat tubuh Anda bugar, sekaligus menjaga kesehatan mental agar lebih baik.

Tidur nyenyak

Seseorang yang menjalankan diet seimbang, hidupnya selalu tenang dan bebas dari penyakit. Karena itu, setiap malam pasti jadi lebih mudah tidur. Ingat ya, istirahat yang cukup sangat dibutuhkan seseorang agar tubuhnya tetap bugar dan nyaman beraktivitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini