nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Niat Turunkan Berat Badan, Sudah Tahu Istilah-Istilah dalam Diet Ini Belum?

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 17 September 2017 10:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 16 481 1777059 okezone-week-end-niat-turunkan-berat-badan-sudah-tahu-istilah-istilah-dalam-diet-ini-belum-990FAP17Jj.jpg Ilustrasi (Foto: Ndtv)

BILA seseorang ingin memiliki berat badan ideal, biasanya mereka melakukan cara tertentu. Pada orang yang kelebihan berat badan, cara yang bisa dilakukan adalah diet.

Sekarang ini, banyak sekali metode diet yang bisa diikuti oleh siapa saja. Tapi tak jarang metode-metode tersebut memiliki istilah yang kadang tidak dimengerti masyarakat awam. Hal itu bisa membuat masyarakat salah persepsi dengan diet.

Inilah beberapa istilah dalam diet menurut ahli gizi Jansen Ongko, M.Sc, R.D, saat dihubungi Okezone melalui pesan elektronik, baru-baru ini:

Diet

Sebelum mengetahui istilah di dalam diet, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu diet. Diet sebenarnya tidak berkonotasi negatif. Diet adalah pola makan seseorang.

Baca Juga:

Karbohidrat

Saat seseorang berkonsultasi ke dokter gizi untuk melakukan diet, salah satu hal yang pasti diucapkan adalah karbohidrat. Banyak orang menganggap karbohidrat adalah hal yang harus dihindari agar proses penurunan berat badan berjalan cepat. Padahal, karbohidrat adalah makronutrien yang dibutuhkan tubuh. Mungkin Anda pernah mendengar diet low carbo. Diet itu saja tetap mengonsumsi karbohidrat walaupun jumlahnya sedikit.

Menahan lapar

Agar diet berjalan lancar, banyak orang yang memilih menahan rasa lapar. Rasa lapar yang timbul bukan berarti tubuh memerlukan asupan makanan. Terkadang tubuh mendeteksi rasa haus sebagai rasa lapar. Bila Anda merasa tiba-tiba lapar, bisa jadi sebenarnya Anda haus. Cobalah ambil segelas air putih untuk menghilangkan rasa lapar tersebut.

Menghitung kalori

Saat berkonsultasi ke ahli gizi, biasanya pelaku diet akan sering mendengar kata-kata menghitung kalori. Sebaiknya, penghitungan kalori tidak perlu dilakukan secara detail oleh pelaku diet saat ingin mengonsumsi suatu makanan. Sebab hal tersebut bisa menyebabkan obsessive-compulsive dan pola makan yang sulit bertahan dalam jangka panjang.

Baca Juga:

Keseimbangan energi

Banyak ahli gizi yang menyarankan agar jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh sama dengan kalori yang dikeluarkan. Hal ini memang menentukan berat badan seseorang. Tapi, masih ada hal lain yang perlu dipertimbangkan selain keseimbangan energi antara lain mood, tingkat lapar, performa tubuh, dan gaya hidup.

Cheating day

Ini adalah istilah untuk hari di mana seseorang yang sedang diet ketat bebas untuk mengonsumsi makanan yang dihindarinya selama hari lain saat menjalani proses diet. Ada cheating day, ada pula cheating meal. Perbedaannya adalah cheating meal mengonsumsi makanan yang dihindari hanya 1 kali saja. Tapi kalau cheating day, maka pelaku diet mengonsumsi makanan yang sedang dihindari selama seharian penuh.

Healing crisis

Istilah ini mengacu ke sisi psikologis pelaku diet. Jika metode diet yang diterapkan pelaku diet salah, maka orang tersebut akan mengalami tekanan sehingga merasa memerlukan adanya cheat meal atau cheat day agar tidak stres dengan program dietnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini