nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Minum Air Kelapa Bikin Langsing? Simak Pro dan Kontranya!

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 17 September 2017 12:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 16 481 1777070 okezone-week-end-minum-air-kelapa-bikin-langsing-simak-pro-dan-kontranya-Z6Bs5R2SXY.jpg Ilustrasi (Foto: Livestrong)

AIR kelapa dikenal membantu menurunkan berat badan seseorang secara alami. Karena itu, beberapa orang melakukan diet minum air kelapa setiap hari karena manfaatnya melimpah.

Minuman ini mengandung rendah kalori yang memiliki khasiat melimpah bagi tubuh. Setidaknya, Anda mengonsumsi air kelapa muda yang tinggi antioksidan.

Dijelaskan para ahli gizi, satu cangkir air kelapa hanya memiliki 46 kalori. Bila diminum setiap hari dampaknya dapat menurunkan berat badan.

Anda juga disarankan untuk minum air kelapa setiap minggu sebagai pengganti lemon. Tapi yang menjadi kontra adalah minum air kelapa segelas dapat menyumbang 6,3 gram gula.

Baca Juga:

Nah, peluang konsumsi gula berlebihan sangat mendukung seseorang mengalami obesitas. American Heart Association juga mengatakan, seseorang yang konsumsi gula berlebihan dapat mengalami obesitas, ujung-ujungnya juga kena penyakit jantung.

Faktanya, kadar gula dapat meningkatkan fungsi pankreas. Secara tidak aman, hal ini dapat mengganggu produksi insulin.

Sementara itu, secangkir air kelapa memiliki sedikit lebih dari 25 kalori dari gula per porsi. Tak cuma itu, Anda jug harus mengonsumsi lemak total sebesar 0,5 gram.

Sedangkan air kelapa hanya memberikan 3-4% dari total rekomendasi lemak jenuh, namun kuantitasnya tinggi mengingat ukuran porsi kecil. Dalam beberapa kasus, Anda yang minum lebih dari satu cangkir air kelapa dapat mengalami lonjakan lemak jenuh yang dapat memicu gangguan jantung dan stroke.

Sebuah edisi 2006 dari "Journal of Medicinal Food" menerbitkan sebuah penelitian hewan tentang manfaat air kelapa dan kadar kolesterol. Para ilmuwan menemukan, tikus yang diberi air kelapa dengan rasio 4 mililiter per 100 gram berat badan menunjukkan tingkat kolesterol buruk.

Baca Juga:

Perlu Anda tahu, air kelapa muda merupakan sumber minuman terbaik yang mengandung tinggi nutrisi. Khasiatnya dapat membunuh mikroorganisme berbahaya dan membantu memecah enzim esensial.

Air kelapa mengandung vitamin larut air B1, B2, B3, B5, B6, B-/7 dan B9 yang bertindak sebagai koenzim. Enzim bioaktif seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase dan RNA-polimerase dalam air kelapa menjaga pencernaan dan metabolisme.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2009 menemukan, komposisi zat kimia dan sifat biologis air kelapa bertanggung jawab untuk menghancurkan sel jahat. Minuman ini juga memiliki efek anti penuaan pada sel kulit manusia.

Studi lain yang dipublikasikan dalam jurnal Oral Surgery, Oral Medicine, Oral Pathology, Oral Radiology and Endodontology pada tahun 2008 menunjukkan, air kelapa mengandung sitokinin untuk menjaga kesehatan gigi.

Lebih dari itu, air kelapa juga dapat membangkitkan energi alami, karena mengandung elektrolit, magnesium dan kalsium yang tinggi. Karenanya, setelah olahraga Anda disarankan untuk minum air kelapa supaya tak gampang lemas.

Terlepas dari semua itu, minum air kelapa muda sangat baik untuk menjaga kesehatan secara utuh. Tapi Anda juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi dari makanan lain agar tetap seimbang. Demikian dilansir Livestrong, Minggu (17/9/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini