Image

OKEZONE WEEK-END: Aneh! Dengan Kekuatan Bulan Purnama, Diet Serigala ala Madonna Ampuh Turunkan Berat Badan?

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 17 September 2017, 18:30 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 09 16 481 1777082 okezone week end aneh dengan kekuatan bulan purnama diet serigala ala madonna ampuh turunkan berat badan Ju1etmBv9g.jpg Diet serigala ala Madonna (Foto: Dailymail)

BANYAK cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan bobot tubuh yang ideal. Salah satunya adalah melakukan pola diet tertentu. Beberapa tahun lalu, ada sebuah metode diet yang populer. Metode diet yang diterapkan oleh Demi Moore dan Madonna tersebut adalah diet Werewolf atau diet serigala.

Sekilas mungkin Anda asing dengan metode diet tersebut dan malah berpikir tentang film yang mengisahkan seorang manusia serigala. Tapi tidak ada yang salah dengan hal itu. Memang diet ini memiliki prinsip yang hampir sama dengan kisah manusia serigala yang ada di film.

(Foto: Dailymail)

Diet ini baru diterapkan pada saat bulan purnama, bulan baru, atau fase awal bulan. Karena erat kaitannya dengan bulan, metode diet ini juga dikenal dengan nama diet Lunar. Gagasan dari metode diet ini adalah energi pada bulan memengaruhi kadar air di dalam tubuh.

Cara penentuannya sama seperti pasang surut air laut. Energi tersebut dapat membantu seseorang yang melakukan diet Werewolf untuk menurunkan berat badan. Bahkan ada yang mengatakan metode diet ini bisa menurunkan berat badan hingga 3 kg selama 24 jam.

Pada prinsipnya, diet ini memungkinkan pelakunya untuk berpuasa selama fase bulan tersebut. Dilansir dari Daily Mail, beberapa orang mengklaim bulan bisa memengaruhi mood dan keinginan untuk makan.

Tarikan gravitasi dari bulan dipercaya bisa mengeluarkan racun dari tubuh yang membantu menurunkan berat badan. Selama periode puasa tersebut, pelaku hanya diperbolehkan mengonsumsi air putih dan jus.

(Foto: Dailymail)

Berkaitan dengan hal ini, seorang ahli gizi Seala Septiani, S.Gz, M.Gizi, hingga saat ini belum ada penelitian yang mengaitkan periode rotasi atau bentuk bulan dengan metabolisme tubuh.

Bisa dikatakan diet Werewolf belum terbukti secara ilmiah. “Contoh yang ada belum bisa mengatakan metode diet ini efektif untuk menurunkan berat badan,” tutur Seala saat dihubungi Okezone melalui pesan teks baru-baru ini.

Menurut Seala, metode diet yang prosesnya instan dan tidak sesuai dengan gizi seimbang umumnya tidak dapat bertahan lama sehingga ada kemungkinan berat badan kembali naik. Terlebih dalam sehari tubuh memerlukan energi dari karbohidrat, protein, lemak secukupnya, serta mikronutrien seperti vitamin dan mineral.

Nutrisi tersebut dapat dipenuhi dengan makanan bergizi. Selain itu, cairan yang disarankan hanyalah air putih karena jus mengandung gula yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini