Image

OKEZONE WEEK-END: Setelah Berat Badan Turun, Simak Tips Berikut biar Tidak Diet Yoyo

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Minggu 17 September 2017, 18:00 WIB
https img z.okeinfo.net content 2017 09 16 481 1777327 okezone week end setelah berat badan turun simak tips berikut biar tidak diet yoyo C0lv2Ygu5P.jpg Diet yoyo (Foto: LA Times)

MENDAPATKAN berat dan bentuk tubuh ideal memang memerlukan usaha yang keras. Apalagi yang lebih sulit adalah mempertahankannya.

Ya, beberapa dari Anda mungkin pernah mengalaminya, berat badan yang telah hilang akhirnya kembali naik setelah berhenti melakukan diet. Nah, kini tak perlu khawatir, beberapa cara berikut ini bisa mencegah Anda dari 'diet yo-yo'.

BACA JUGA:

Olahraga teratur

Studi menunjukkan bahwa olahraga teratur lebih penting dan diperlukan dalam fase pemeliharaan dibandingkan ketika Anda masih menjalani program penurunan berat badan. Anda bisa melakukan jenis olahraga yang disukai.

Monitor

Tak perlu menimbang berat badan setiap hari, cukup dua minggu sekali untuk membantu Anda mengontrol dan mempertahankan berat badan. Tujuannya untuk memonitor dan mengingatkan jika Anda sudah mulai berlebihan mengonsumsi makanan berlemak atau berkalori tinggi.

Ganti menu diet sehat secara berkala

Mengonsumsi makanan yang itu-itu saja memang akan membuat bosan dan kandungan nutrisi yang diterima tubuh pun tidak maksimal. Coba ganti tiga atau empat menu baru tiap dua minggunya. Bisa dengan mengganti bumbu, rempah, sayuran, daging atau jenis ikan yang berbeda. Jadikan setiap jadwal makan Anda bervariasi dan selalu menarik. Jadi, Anda tidak akan coba-coba untuk makan junk food, kue-kue manis, atau keripik kentang.

BACA JUGA:

Atur Pola Makan

Buatlah jadwal kapan Anda harus makan pagi, siang, sore dan malam. Selalu patuhi jam-jam tersebut dan makanlah begitu tiba waktunya. Makan sesuai jadwal, bisa menghindari Anda dari makan terlalu banyak sehingga Anda tidak dilarang untuk ngemil. Jam antara sarapan dan makan siang, atau siang menjelang sore bisa dimanfaatkan untuk konsumsi camilan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini