Image

OKEZONE WEEK-END: Keberadaan Komunitas Diet Mampu Menguatkan Satu Sama Lain

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 17 September 2017, 22:12 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 09 17 481 1777760 okezone week end keberadaan komunitas diet mampu menguatkan satu sama lain OXpKJH6Lx8.jpg Kisah Sukses Diet (Foto: Dok Pribadi)

LINGKUNGAN merupakan salah satu aspek penting dalam menciptakan kepribadian seseorang. Semakin baik lingkungan itu, maka kebanyakan orang di dalamnya akan baik juga. Pun sebaliknya.

Nah, bicara mengenai program diet, mereka yang menjalankannya tentu pernah mengalami masalah malas. Jika diperhatikan secara detail, malas yang dialami itu sebetulnya berasal dari lingkungan yang tidak supportif.

Makanya, amat sangat baik bila Anda yang sedang diet mencari kelompok orang yang sedang diet juga atau setidaknya lingkungan itu mampu memberi semangat lebih. Tujuannya adalah agar Anda bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Tubuh ideal.

BACA JUGA:

Keberadaan komunitas diet pun diakui Mega Edyawati sangat membantunya dalam menurunkan berat badan. Perempuan berusia 22 tahun itu bisa menurunkan sekitar 56 kilogram beban tubuhnya berkat salah satunya dukungan komunitas.

Namun, program diet yang benar dan sehat juga menjadi kunci utama lainnya Mega mendapatkan tubuh yang dianggapnya sudah baik ini. Ya, sebelumnya Mega berbobot 121 kilogram, namun selama kurang lebih 2 tahun, dirinya bisa menyusutkan berat badannya menjadi 65 kilogram.

’’Program diet yang diberikan LightHouse cukup baik. Di sana, tidak membuat saya menahan lapar yang tidak sehat, tetapi menagtur pola makan yang benar. Sebab, ada ahli gizi, dokter olahraga, dan dokter pribadi yang akhirnya membimbing pasiennya untuk bisa mencapai bobot ideal,’’ terangnya saat ditelepon Okezone, (15/9/2017).

BACA JUGA:

Perempuan yang biasa disapa Mega itu melanjutkan, peran komunitas itu cukup penting. Misalnya ketika rasa malas dan ogah-ogahan itu muncul, maka orang-orang di dalam komuntas itu yang kemudian menguatkan kembali. Menyadarkan lagi apa tujuan Anda melakukan semua ini.

Satu hal yang perlu ditanamkan sebelum diet, kata Mega, ialah kemauan dan niat yang baik. Kalau itu sudah ada, maka menjalani semua prosesnya akan dengan senang hati. Hal lainnya adalah menjadikan proses “menyulitkan” diet itu sebagai kebiasaan yang menyenangkan. ’’Jadi, ketika harus mempertimbangkan kalori makanan setiap harinya, itu bukan lagi masalah,’’ tambahnya.

Mega juga menyatakan, keberadaan komunitas itu juga bisa menguatkan secara psikologis. Misalnya ketika ada yang mencibir, maka energy positif yang sudah tertanam itu akan menghalau semua gangguan negatif itu. ’’Tidak bisa dipungkiri, ejekan itu sudah saya rasakan sejak kecil, soalnya emang dari kecil selalu gemuk. Tapi, ya, emang faktanya gitu, jadi saya nggak pernah marah,’’ ungkapnya menyikapi bully-an.

Namun, Mega juga menyadari bahwa semua celaan yang diterimanya adalah bentuk reminder untuk dirinya juga. Sebab, terlalu percaya diri dengan diri sendiri pun tidak baik. Lingkungan memberitahu Anda sesuatu, maka Anda harus mengaca dan menyikapinya dengan baik. ’’Untungnya, selama ini nggak sampai yang gimana-gimana. Dibawa santai aja dan tetap positif aja,’’ aku Mega.

 

(ren)

1 / 1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini