nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terbukti! Suka Dandan Ternyata Bikin Sehat Mental

Agregasi Grivy.com, Jurnalis · Senin 18 September 2017 16:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 18 194 1778234 terbukti-suka-dandan-ternyata-bikin-sehat-mental-f9hlbA1g47.jpg Ilustrasi (Foto: Google)

BERUNTUNG buat Anda yang suka dandan. Pasalnya, seseorang yang mempunyai kebiasaan seperti itu akan sehat mentalnya.

Penggunaan make-up, rupanya bukan cuma menunjang penampilan seseorang. Selain meningkatkan kepercayaan diri, mereka yang gemar dandan juga mendapatkan banyak manfaat positif dari kesukaannya itu.

Adapun perasaan yang timbul, selepas merias dan merawat wajah, juga bisa menjadi cara kreatif dan lambang ekspresi diri, terutama saat menghadapi situasi sulit.

Dalam situs Reddit, beberapa “pecandu kosmetik” lantas berbagi pengalaman, bagaimana mereka dapat menghadapi isu terkait kesehatan mental, serupa stres, depresi, dan kecemasan.

Gotohela, misalnya. Terbiasa tumbuh dalam pola asuh yang mengontrol banyak hal, ia jadi senang membeli produk perawatan kulit dan make-up setelah mandiri.

“Secara umum, itu memberi saya sebuah kendali yang tidak pernah dimiliki sebelumnya,” katanya.

Hal lain juga ditulis oleh anggota situs. Sebelumnya, ia merasa tidak nyaman dengan kulit dan bentuk tubuh, “Sekarang, mengeksplorasi make-up membuat saya bisa menerima diri apa adanya”.

Merias Wajah dan Peningkatan Kesehatan Mental

Manfaat merias wajah, juga diamini oleh Temimah Zucker, seorang pakar citra tubuh dan terapis. Bagaimanapun, ia sepakat, melakukan ragam rutinitas kecantikan bisa meningkatkan kesehatan mental.

“Make-up bisa bermakna. Warna lipstik yang bold, bisa mewakili seberapa kuat kata-kata dan pikiran. Hal lain, mungkin saja concealer bukan cuma untuk menyamarkan noda hitam, melainkan “menyadarkan” bahwa sebagian orang tidak bisa melihat diri kita apa adanya,” Zucker menambahkan.

Adapun selain memampukan orang menerima dirinya sendiri, kreativitas make-up juga bisa menjadi pendongkrak suasana hati yang efektif. Toh, menciptakan tampilan berbeda, mengombinasikan warna, atau mencoba tren baru, sebenarnya merupakan hal-hal yang dibutuhkan untuk menghadapi gangguan mental. Demikian ditulis situs Grivy.

Baca Juga:

Simak 7 Mitos Seputar Susu Sapi, Nomor 1 dan 6 Banyak yang Percaya
Wanita Hamil Dilarang Makan Pepaya? Ini Dia Efek Sampingnya
Cantik dengan Riasan Wajah Glamor Tanpa Terlihat Menor, 5 Inspirasi Bisa Dipraktikkan
3 Jenis Puasa Ini Bisa Jadi Cara Diet yang Menyehatkan!

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini