nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WALK & WOK: Bun Cha, Makanan Khas Vietnam yang Jadi Favorit Obama

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 18 September 2017 13:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 18 298 1778072 walk-wok-bun-cha-makanan-khas-vietnam-yang-jadi-favorit-obama-XyGW0uPyYb.jpg Bun Cha, makanan khas Vietnam favorit Obama (Foto: Dada Sathilla/Okezone)

TRAVELLING ke Ibu Kota Vietnam, Hanoi, tak lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan khasnya. Salah satu yang terkenal adalah Bun Cha. Bun Cha menjadi semakin populer sejak mantan presiden Amerika Serikat, Barrack Obama menyantapnya dan menyebutnya sebagai makanan Vietnam favoritnya.

(Foto: Dada Sathilla/Okezone)

Bun Cha bisa dibilang sebagai makanan asli Hanoi, karena pertama kali dibuat di kota ini. Meski makanan asli Hanoi, ada juga beberapa restoran di luar Hanoi yang menyajikannya. Tapi banyak yang berpendapat kalau Bun Cha terenak ya yang dijual di Hanoi. Di luar Hanoi, kota-kota lain di Vietnam juga menyajikan makanan mirip Bun Cha yang terdiri dari daging panggang dan bihun bernama Bun Thit Nuong.

(Foto: Dada Sathilla/Okezone)

Bun Cha dikenal sebagai menu makan siang. Kedai Bun Cha pun biasanya buka dari menjelang waktu makan siang hingga jam 3 sore. Setelah itu tutup dan akan lumayan susah menemukan kedai Bun Cha. Hal ini karena orang Vietnam memiliki kebiasaan tidur usai makan siang.

Sementara itu, Bun Cha terdiri daging babi panggang yang disajikan di dalam mangkuk berkuah, bersama dengan bihun, sayuran dan potongan cabe serta bawang putih. Cara makannya dengan mencocol daging, bihun dan sayuran ke dalam saus.

(Foto: Dada Sathilla/Okezone)

Daging Bun Cha merupakan daging babi yang dipanggang. Biasanya penjual akan memanggang daging setelah ada pesanan. Daging yang dipanggang dengan batu bara ini kemudian disajikan dalam mangkuk berkuah. Namun ada juga kedai yang menyajikan Cha (daging babi panggang-red) terpisah dari kuahnya. Daging ditusuk dengan bambu mirip dengan sate. Cha terasa manis serta empuk.

Kuah pada Bun Cha juga memegang peran penting bagi kenikmatan rasa Bun Cha. Kuah biasanya dibuat dari campuran saus ikan, vinegar, dan gula. Rasanya manis sekaligus asam. Hmm yummy! Rasanya bisa dibilang mirip dengan rasa Galbi, daging babi panggang Korea. Kuah ini biasa disajikan dingin atau sesuai suhu ruangan. Juga sering ditambahkan lobak dan wortel di dalamnya.

Salah satu restoran Bun Cha yang terkenal adalah Bun Cha Huong Lien yang berada di jalan Le Van Huu no 24, distrik Hai Ba Trung, Hanoi. Bun Cha disini sudah terkenal sejak dulu dan menjadi semakin populer sejak mantan presiden Amerika Serikat Barrack Obama makan di sini bersama Anthony Bourdain, seeorang chef terkenal pada 2016 lalu.

(Foto: Dada Sathilla/Okezone)

Kedai Bun Cha yang didirikan sejak tahun 1993 ini terkenal akan dagingnya yang empuk, halus dan beraroma bawang putih panggang yang kuat. Sementara sausnya memiliki perpaduan rasa manis dan asam yang cukup.

Sejak kedatangan Obama, semakin banyak orang yang mendatangi kedai Bun Cha ini hingga akhirnya dibukalah satu cabang baru di jalan Lang Ha, gang 57, Hanoi. Kedai Bun Cha lainnya yang familiar di kalangan turis asing adalah Bun Cha Dac Kim yang berada di jalan Hang Manh nomor 1, Hoan Kiem, Hanoi.

(Foto: Dada Sathilla/Okezone)

Bun Cha sendiri biasanya dijual dengan harga 90.000 dong atau sekitar Rp 45.000 per porsi. Karena sangat populer, Bun Cha mudah ditemukan di mana saja, mulai dari restoran, kedai hingga di warung pinggir jalan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini