nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dengan Alasan Menyiksa Hewan, California Larang Peredaran Foie Gras

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 18 September 2017 18:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 18 298 1778323 dengan-alasan-menyiksa-hewan-california-larang-peredaran-foie-gras-QF9KFDPhKL.jpg Foie Gras (Foto: Eatersf)

PIHAK pengadilan kembali melarang peredaran foie gras di California. Ini bukan kali pertamanya larangan tersebut ditetapkan. Pada 2004 lalu, pihak pengadilan telah melarang olahan hati angsa atau foie gras itu untuk dijual dan dikonsumsi oleh para penduduk lokal. Namun, pada 2015 pengadilan sempat membatalkan larangan ini hingga akhirnya kembali berlaku pada tahun ini.

Para pihak yang kontra terhadap olahan foie gras, khususnya para aktivis binatang tampaknya tengah merayakan kemenangan besar ini. Sebagaimana dilansir dari The Daily Meal, Senin (18/9/2017), pihak pengadilan baru saja membatalkan keputusan yang telah mereka tetapkan pada 2015 lalu. Dalam arti lain, mereka kembali melarang peredaran foie gras di negara tersebut.

Bagi Anda yang belum terlalu familiar dengan foie gras, makanan ini sebetulnya terbuat dari hati bebek atau angsa yang telah digemukkan dengan memberi makan secara paksa melalui tabung makanan. Pengadilan California pertama kali melarangnya pada 2004 lalu dengan alasan bahwa proses produksinya tidak manusiawi.

Pada saat itu, pihak legislatif telah memberikan izin kepada para produsen foie gras selama kurang lebih 7 tahun, untuk mencari cara yang lebih manusiawi dalam memproduksi hidangan tersebut. Larangan itu sempat diberlakukan pada 2012, namun kembali dihilangkan pada tahun 2015 karena dinilai bertentangan dengan undang-undang federal.

Pada hari Jumat lalu, pengadilan memutuskan bahwa keputusan yang diambil pada 2015 lalu merupakan sebuah kesalahan dan menyatakan jika larangan tersebut tidak bertentangan dengan undang-undang federal.

“Tidak ada hukum federal atau peraturan yang membatasi kemampuan negara untuk mengatur jenis unggas yang dapat dijual atau dikonsumsi manusia,” tulis Hakim Pengadilan Jacqueline Nguyen.

Namun, pertarungan larangan foie gras di California ini belum berakhir. Marcus Henley selaku Manager of Foie Grass Producer di Hudson Valley mengatakan, “Mereka semua telah membuat kesalahan. Undang-undang ini selalu inkonstitusional dan tidak sesuai dengan dasarnya. Kami tidak akan berhenti,” tegasnya.

Baca Juga: WALK & WOK: Bun Cha, Makanan Khas Vietnam yang Jadi Favorit Obama

Baca Juga: POP SUGAR: Nikmatnya Subbet, Makanan Khas Mentawai yang Manis Alami

Baca Juga: COOKING GADGET: Punya Slow Cooker di Rumah? Ingat, Jangan Digunakan Masak 5 Makanan Ini, Salah Satunya Kulit Ayam

Lebih lanjut Henley menjelaskan bahwa mereka berencana untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut, dan seharusnya undang-undang terkait pelarangan itu tidak diberlakukan selama permohonan diajukan. Untuk saat ini para chef di California masih diperbolehkan megolah foie gras.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini