nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penting! 4 Bahan Makanan Ini Tidak Boleh Dibuang dalam Lubang Saluran Air

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 18 September 2017 22:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 18 298 1778475 penting-4-bahan-makanan-ini-tidak-boleh-dibuang-dalam-lubang-saluran-air-3HzuSVSn2F.png Ilustrasi sampah makanan (Foto: Green and growing)

HAL yang cukup menyebalkan saat habis menggelar pesta makan di rumah adalah bagian bersih-bersih. Banyaknya piring kotor pasti membuat malas memisahkan sampahnya, alhasil jadilah sampah-sampah kecil dibuang ke saluran air di bak wastafle. Padahal beberapa sisa makanan sama sekali tidak boleh dibuang dalam saluran air.

Dilansir dari Mashed, Selasa (19/9/2017) beberapa bahan makanan sama sekali tidak boleh masuk ke dalam saluran air. Jika tetap memasukkannya jangan heran jika saluran pembuangan air akan mampet, berbau busuk bahkan berkarat dan rusak. Berikut 4 bahan makanan yang mutlak harus masuk ke bak sampah.

BACA JUGA:

Minyak goreng

Usai menggoreng makanan, jangan pernah membuang sisa minyak ke saluran pembuangan air wastafle. Minyak menjadi bahan berlemak yang paling ampuh merusak pipa saluran air. Jika terlanjur menumpahkan minyak ke saluran air, jangan khawatir. Anda bisa menuangkan cuka atau soda kue ke dalam saluran air untuk membersihkannya.

Pasta dan nasi

Pasta dan nasi adalah dua jenis karbohidrat yang akan terus mengembang jika terkena air. Kandungan pati yang terkandung dalam nasi dan pasta akan mengembang setiap harinya saat terkena air, jadi semakin lama nasi dan pasta berada di dalam saluran air maka semakin mampet saluran air Anda. Jadi masukkan sisa pasta dan nasi ke dalam kantung sampah.

Tulang

Bagian tulang ayam, sapi, domba atau babi memang cocok dijadikan bahan baku kaldu tapi tidak akan enak dimakan, keras. Tapi jika punya sisa tulang ini jangan lantas membuangnya dalam saluran air meskipun dalam bentuk potongan kecil. Tulang memiliki tekstur yang padat dan keras sehingga sulit hancur jadi itu semua akan menyumbat saluran sehingga menyulitkan air untuk mengalir. Tapi lain halnya dengan tulang ikan. Tulang ikan lebih mudah hancur dan patah sehingga bisa dengan mudah ikut mengalir bersama air.

 BACA JUGA:

Selain untuk Diseruput Pagi Hari, Kopi Bisa Bikin Kebun di Rumah Lebih Indah

Ampas kopi

Bubuk ampas kopi memang terlihat halus dan kecil tapi jumlahnya yang banyak dan sifatnya yang mengendap akan jadi masalah jika dibuang di dalam saluran air. Ampas kopi akan mengendap dalam pipa saluran dan membuat saluran mampet. Sebagai solusi, buang ampas kopi ke tanah tanaman, ampas ini bekerja optimal sebagai pupuk alami yang menyuburkan tanaman.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini