nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Makanan Sebaiknya Tidak Dipesan saat Makan di Restoran, Jangan Pesan Ikan di Hari Senin

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 21 September 2017 07:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 20 298 1779851 5-makanan-sebaiknya-tidak-dipesan-saat-makan-di-restoran-jangan-pesan-ikan-di-hari-senin-hKPXL5Q7Yr.jpg Jangan pesan ikan di hari senin (Foto:Nestle)

RESTORAN sangat identik dengan berbagai hidangan lezat dan menggugah selera. Selain itu, tempat ini juga menawarkan suasana nyaman dan pelayanan ramah yang membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama.

Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua restoran menggunakan bahan makanan yang sehat dalam setiap menunya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut 5 jenis makanan yang harus Anda hindari saat mengunjungi restoran. Seperti dilansir dari Bright Side, Kamis (21/9/2017).

BACA JUGA:

RESEP NENEK: Timlo, Hidangan Khas Solo yang Sedap dan Hangat, Simak Resep dan...

FOOD PARTY: 2 Resep Camilan Seru! Otak-Otak dan Tahu Bakso Goreng!

Ikan di hari Senin

Menurut Anthony Bourdain, sebagian besar restoran di dunia membeli ikan menjelang akhir pekan antara hari Kamis atau Jumat. Hal ini disebabkan karena pasar ikan biasanya tutup pada akhir pekan, dan untuk kesegaran bahan makanan tersebut ternyata hanya mampu bertahan selama tiga hari. Dalam arti lain, jika Anda memutuskan untuk memesan sajian ikan pada hari Senin, Anda mungkin saja mendapatkan daging ikan yang sudah tidak segar lagi atau bahkan sudah basi.

Oysters

Anda seharusnya tidak memesan tiram ketika mengunjungi restoran yang tidak mengkhususkan diri sebagai spesialis makanan laut. Pasalnya, jika olahan tiram yang disuguhkan sudah basi, makanan tersebut dengan mudah akan menyebabkan keracunanan makanan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu apakah restoran yang Anda kunjungi sudah memiliki reputasi dan terpercaya dalam menyuguhkan olahan tiram dalam kondisi segar.

 

Salmon sushi

Kabar buruk bagi Anda para pencinta salmon sushi atau salmon rolls. Chef Hank Scrampton mengatakan bahwa Anda harus menghindari olahan salmon sushi yang dibuat dengan menggunakan spesies ikan salmon air tawar. Alasannya adalah bahwa ikan tersebut dikembangbiakkan di sebuah lingkungan yang rawan parasit. Tapi tidak perlu panik, proses pembekuan ikan secara efektif dipercaya dapat membunuh mikroorganisme berbahaya yang terkandung di dalamnya. Namun, jika Anda ragu, sebaiknya tanyakan kepada pihak restoran salmon jenis apa yang mereka gunakan, salmon segar atau salmon beku?

BACA JUGA:

Penting! 4 Bahan Makanan Ini Tidak Boleh Dibuang dalam Lubang Saluran Air

Punya Insomnia? Berikut Resep Lezat yang Bisa Membantu Anda Tidur Nyenyak di...

Menu vegetarian

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Food Network Magazine, 15% koresponden yang notabene berprofesi sebagai chef mengungkapkan bahwa menu vegetarian yang ada di setiap restoran, sebetulnya tidak 100% terbuat dari bahan-bahan vegetarian. Beberapa restoran ternyata kerap menambahkan beberapa potong daging tuna atau bacon ke dalam racikan salad. Anthony Bourdain bahkan sempat menyebutkan, "Menu vegetarian dan vegan merupakan sebuah 'hambatan' bagi para chef di seluruh dunia," tutur Anthony.

Roti

 

Tiga chef ternama mengungkapkan kepada Food Network Magazine bahwa roti yang tidak habis dimakan atau tidak disentuh oleh pengunjung, biasanya akan digunakan untuk pengunjung lainnya. Hal ini dilakukan dengan cara menghangatkan roti sebelum disajikan kembali.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini