nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Oktoberfest Resmi Dimulai! Yuk Lihat Keseruan Ribuan Turis yang Hadir di Jerman

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 20 September 2017 11:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 20 406 1779501 oktoberfest-resmi-dimulai-yuk-lihat-keseruan-ribuan-turis-yang-hadir-di-jerman-6ezZnrqSrU.jpg Oktoberfest 2017 di Munich Jerman (Foto: Lonelyplanet)

SALAH satu festival terbesar di dunia yang paling ditunggu di bulan September adalah Oktoberfest. Seperti apa keseruannya tahun ini?

Oktoberfest telah dimulai secara resmi di Munich, Jerman pada Jumat, 16 September 2017. Dalam pembukaan festival tersebut, ribuan para pencinta bir mengenakan pakaian tradisional dan turun ke jalanan.

Tahun ini, Oktoberfest dimulai dari 16 September hingga 3 Oktober. Oktoberfest sendiri merupakan salah satu event tahunan paling populer di Jerman. Dalam bahasa setempat, festival ini disebut sebagai Wiesn.

Dilansir dari Lonelyplanet, Rabu (20/9/2017), Oktoberfest awalnya adalah perayaan pernikahaan yang diadakan di Munich lebih dari 200 tahun lalu. Festival ini dimulai ketika Putra Mahkota Ludwig yang kemudian menjadi Raja Ludwig I menikah dengan Putri Theresa dari Saxony-Hildburghhausen.

Acara ditandai dengan perlombaan kuda. Namun perlahan tahun demi tahun perayaan itu berevolusi dan hingga kini digantikan dengan perayaan meminum bir di sebuah aula khusus.

Dalam aula khusus yang disebut Hacker-Pschorr - Himmel der Bayern (Bavarian heaven) ini, ribuan orang tampak menikmati waktu mereka sambil bercengkerama dengan orang-orang di sekitarnya.

Tahun ini merupakan perayaan Oktoberfest ke-184. Meski dahulu festival ini merupakan perayaan budaya Bavaria, kini Oktoberfest telah dirayakan secara global.

Banyak turis yang sengaja datang untuk menikmati perayaan Oktoberfest di Munich bersama teman-teman maupun kekasih. Mereka akan meminum bir yang disajikan dalam wadah besar. Kemudian mereka akan mendapat satu gelas besar bir dan bersulang di udara untuk mendapatkan keseruan dalam perayaan ini.

Tak hanya bir, para pengunjung juga dapat merasakan hidangan tradisional khas Jerman seperti bratwurst, sauerkraut, pretzel dan pork knuckles.

 

Dalam acara ini, para pria mengenakan pakaian olahraga lederhosen, di mana mereka mengenakan kemeja berlengan panjang dan topi. Sedangkan para wanita menggunakan pakaian tradisional Dirndls.

Keramaian juga terlihat dari parade yang dilakukan di sepanjang jalan. Bahkan, parade ini juga diikuti oleh balita yang tertidur di atas kereta dari kayu yang ditarik.

 

Kereta tersebut dihiasi dengan rumput hijau dan juga bunga matahari. Dalam perayaan kali ini, festival juga diramaikan dengan permainan musik mengunakan pakaian tradisional.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini