nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TAHUN BARU ISLAM: Naik Gunung demi Melihat Upacara Sakral Malam Satu Suro Jadi Wisata Seru para Traveler

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 21 September 2017 20:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 20 406 1779992 tahun-baru-islam-naik-gunung-demi-melihat-upacara-sakral-malam-satu-suro-jadi-wisata-seru-para-traveler-co7zCVzfnQ.jpg Foto: chronosprod

GUNUNG dipilih sebagai lokasi untuk menghabiskan malam satu suro bagi orang asli Jawa. Banyak ritual keagamaan yang dilakukan sebagai bentuk pernghormatan nenek moyang dan lingkungan sekitar.

Banyak lokasi gunung di Jawa Tengah dan Jawa Timur dipilih oleh para pendaki. Bahkan, sebagian dari mereka juga melakukan ritual kejawen yang dilakukan sejak lama.

BACA JUGA:

Berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone, saat malam satu suro adalah waktu terbaik untuk melakukan berbagai ritual keagamaan yang selalu dianggap sempurna. Masyarakat yang tinggal di kaki gunung biasanya menyempatkan waktu untuk melakukan ritual yang menjadi adat istiadat sejak lama.

Misalnya di Gunung Kawi, masyarakat melakukan beragam ritual mulai dari mencuci benda-benda pusaka, kirab adat, hingga doa-doa untuk leluhurnya.

Saat melakukan kirab, biasanya masyarakat menjadikan hasil bumi sebagai bentuk persembahan mereka. Menariknya, banyak akulturasi budaya yang masuk di kalangan masyarakat.

Belum lagi, masyarakat melakukan bersih desa atau kerja bakti yang juga dimaksudkan untuk menolak bala. Ritual tersebut sejak lama rutin dilakuka setiap tahun.

Hampir serupa halnya dengan ritual satu suro di Gunung Lawu. Masyarakat lereng gunung juga mengadakan kegiatan ritual keagamaan secara sakral.

Uniknya, para pendaki juga turut menyaksikan ritual ini dengan mendaki gunung lebih dulu. Setiap tahun rombongan pecinta alam mendaki Gunung Lawu ikut menyaksikan ritual yang dilakukan oleh warga setempat.

Karena hampir semua lokasi di sepanjang jalur pendakian dianggap suci dan keramat. Begitu juga dengan puncak Gunung Lawu yang menjadi incaran para pendaki.

Tidak hanya di dua lokasi tersebut, Gunung Merapi juga dijadikan sebagai lokasi menghabiskan waktu malam satu suro. Apalagi lokasinya di dekat Daerah Istimewa Yogyakarta yang identik dengan dinasti Keraton.

BACA JUGA:


Para tetua di Yogyakarta juga melakukan ritual satu suro yang juga dilakukan setiap tahun. Banya juga acara pertunjukan budaya yang dinantikan masyarakat, termasuk pendaki di dekat lokasi Gunung Merapi.

Bahkan, ada juga kegiatan mengarak kepala kerbau yang dikenal dengan Pasar Bubrah. Masyarakat di sekitar gunung juga menyambut suka cita pergantian tahun baru Islam.

Ada pula kirab persembahan hasil bumi yang menjadi bentuk rasa syukur mereka. Tentu para pendaki yang berada di Gunung Merapi tak sabar menantikan adat ini.

Nah, bagi Anda ingin menyaksikan ritual tersebut dan rela naik gunung, perhatikan tips yang harus dilakukan. Simak rangkumannya berikut yang ditulis Okezone.

Cari teman yang nyaman

Saat mendaki gunung, grup yang Anda ikuti harus saling menghargai agar tetap nyaman. Banyak kejadian yang tak diduga bila tidak kompak di atas gunung. Anda bisa saling bahu-membahu agar tak kesulitan naik gunung. Hal ini tidak boleh diabaikan karena harus agar berhasil sampai puncak gunung pula.

Bawa perbekalan secukupnya

Para pendaki dipastikan tidak terlalu banyak membawa barang bawaan. Tapi usahakan perbekalan yang Anda bawa cukup. Bagi wanita yang mendaki gunung pemula juga sebaiknya berbagi saran dengan teman. Hal ini wajib dilakukan agar Anda tidak tersiksa.

Perhatikan waktu mendaki gunung

Baiknya Anda memulai menanjak gunung di pagi hari. Kalau terlalu sore, khawatirnya menuju titik pendakian jadi tak nyaman. Kalau Anda ingin mengejar momen yang baik juga harus dipersiapkan lebih dini. Kalau tidak, pasti perjalanan Anda terganggu.

Hormati warga sekitar

Saat Anda menyaksikan ritual satu suro jangan sembarangan melakukan hal yang merusak kegiatan. Mari hormati sesama agar semua acara berjalan lancar. Jangan buat keributan atau hal buruk lainnya. Tentu masyarakat akan terganggu dengan perbuatan Anda.

(ade)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini