nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TAHUN BARU ISLAM:Tradisi Unik di Indonesia saat Menyambut 1 Muharram

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 21 September 2017 10:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 20 406 1780034 tahun-baru-islam-tradisi-unik-di-indonesia-saat-menyambut-1-muharram-aef8UMj7Xx.jpg Tradisi 1 Muharram (Foto: Antara)

SELURUH umat Muslim di dunia memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H, Kamis (21/9/2017), tak terkecuali umat Muslim di Indonesia. Di Indonesia, masyarakat di berbagai daerah melakukan peringatan berbeda dalam rangka menyambut 1 Muharram. Dikutip dari berbagai sumber, inilah tradisi perayaan Tahun Baru Islam di berbagai pelosok negeri;

Bubur Suro

 

Pada saat perayaan Tahun Baru Islam, masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya membuat bubur yang terbuat dari beras, santan, garam, jahe, dan sereh. Bubur ini dikenal dengan nama bubur merah putih atau bubur suro yang disajikan terpisah. Bubur akan dihiasi dengan berbagai topping antara lain serpihan jeruk bali, butiran delima, dan 7 jenis kacang-kacangan. Biasanya bubur ini dibuat pada 10 Muharram dan dibawa ke masjid.

Kirab Kebo Bule

 

Pihak Keraton Surakarta dan warga di sekitar keraton biasanya menggelar tradisi kirab pusaka yang diiringi oleh abdi dalem dan enam ekor kerbau istimewa yang berwarna putih atau dikenal dengan nama kebo bule. Kerbau-kerbau tersebut dipercaya sebagai kerbau keramat yaitu Kebo Bule Kyai Slamet dan biasanya akan diarak keliling kota.

Ledug Suro

 

Masyarakat Kabupaten Magetan biasa menggelar tradisi Ledug Suro pada saat Tahun Baru Islam. Tradisi ini biasanya diawali dengan kirab Nayoko Projo dan Bolu Rahayu. Pada puncak acara, masyarakat akan menutupnya dengan ngalub berkah dari bolu rahayu yang dipercaya bisa membawa rejeki.

Mubeng Benteng

Tradisi rutin di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat setiap 1 Muharram atau malam 1 Suro ini adalah mengelilingi benteng yang diikuti oleh ratusan masyarakat Yogyakarta. Tradisi ini merupakan symbol refleksi dan intropeksi diri. Ritual ini dilakukan dengan berbagai tata cara seperti pembacaan kidung berbahasa Jawa sebelum acara berlangsung.

Pawai Obor

Di beberapa daerah di Indonesia, peringatan 1 Muharram biasa dilakukan dengan melakukan pawai obor keliling kampung. Salah satu daerah yang konsisten melakukan tradisi ini setiap tahunnya adalah Banten.

Festival Tabot

 

Di Bengkulu, mulai dari 1 Muharram hingga 10 Muharram akan digelar upacara tradisional yang dikenal dengan nama Festival Tabot dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam. Festival ini sudah berlangsung sejak tahun 1685 sebagai bentuk penghormatan terhadap gugurnya Amir Hussain, cucu Nabi Muhammad SAW. Masyarakat Bengkulu percaya bila mereka tidak melakukan festival ini, mereka bisa terkena bencana.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini