nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yeay, Candi Prambanan Kini Hadirkan Taman Bacaan Buku-Buku Sejarah

Prabowo, Jurnalis · Jum'at 22 September 2017 07:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 20 406 1780038 yeay-candi-prambanan-kini-hadirkan-taman-bacaan-buku-buku-sejarah-yNT2rdtDkW.jpg Foto: Prabowo/Okezone

TEMPAT wisata heritage, Candi Prambanan terus berbenah. Kali ini, zona dua yang dikelola PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko itu menyediakan pojok baca bernama 'Wangsa Sanjaya'.

Pengunjung bisa bersantai sambil membaca buku yang tersedia. Sebagian besar buku-buku itu mengulas tentang sejarah dan budaya di tanah Jawa.

BACA JUGA:

"Perpustakan itu penting, tak hanya di sekolah dan kampus, tempat umum termasuk taman rekreasi di Candi Prambanan ini juga," kata Bupati Sleman, Sri Purnomo saat meresmikan pojok baca di Museum Candi Prambanan, beberapa waktu lalu.

Ia berharap tempat-tempat umum lain juga menyediakan ruang yang nyaman untuk membaca buku. Harapannya, masyarakat lebih berminat dalam membaca buku.

"Mungkin kalau waktu luang, dari pada hanya membaca informasi di media sosial, lebih baik membaca buku. Saat membaca itu direnungkan, ambil yang baik, buang sisi negatifnya," saranya.

Wilayah Sleman, menurutnya, menjadi pusatnya tempat dunia pendidikan di Kota Pelajar Yogyakarta. Hampir 60 persen pusat studi berada di Kabupaten Sleman. Untuk itu, ia berharap agar lokasi pojok buku ini disediakan sebanyak-banyaknya.

General Manager PT TWC Area Candi Prambanan, Pujo Suwarno ada tiga titik pojok buku di area Candi Prabanan. Tiga titik itu di pintu keluar Candi Prambanan, cafe lumbung atau cafe jamu dan di restaurant Prambanan.

"Nanti akan kita tambah, setidaknya ada 10 titik," katanya.

BACA JUGA

Ia berharap wisatawan yang berkunjung tidak hanya sekedar menikmati candi, tapi sambil beristirahat bisa membaca buku. Pihaknya menyediakan buku-buku bacaan terkait sejarah, filsafat, dan beragam literatur yang ada.

"Koleksi buku yang ditampilkan lebih mengutamakan ke cerita - cerita sejarah mengenai cagar budaya, sejarah mengenai babad tanah jawa dan cerita cerita yang lain," katanya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini