nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TAHUN BARU ISLAM: Resep Nasi Tumpeng Komplit, Sedap dan Gurih untuk Rayakan Tahun Baru Islam

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 21 September 2017 18:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 21 298 1780282 tahun-baru-islam-resep-nasi-tumpeng-komplit-sedap-dan-gurih-untuk-rayakan-tahun-baru-islam-RCbVf1zfZQ.jpg Nasi tumpeng lezat (Foto: Indochili)

SETIAP daerah di Indonesia memiliki cara tersendiri dalam menyambut malam tahun baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah. Seperti warga kota Semarang yang kerap mengadakan acara kembul bujana atau tradisi menyantap tumpeng secara bersama-sama.

Dalam kembul bujana, semua warga yang hadir akan duduk bersama mengelilingi nasi tumpeng, mereka kemudian akan melantunkan doa-doa khusus dengan harapan akan mendapatkan hal-hal baik di tahun yang baru.

Berbeda dengan Semarang, masyarakat di Boyolali Jawa Tengah, selalu melakukan ritual sedekah di Gunung Merapi dengan mempersempahkan kepala kerbau dan tujung tumpeng nasi kepada leluhur mereka. Seperti kebanyakan tempat, ritual ini juga dilengkapi dengan melantunkan shalawat dan memanjatkan doa secara bersama-sama. Menarik bukan?

Nah, jika Anda tertarik untuk mengolah nasi tumpeng di rumah, berikut Okezone rangkumkan resep lengkap membuat nasi tumpeng komplit, sedap, dan gurih, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Kamis (21/9/2017).

Bahan

100 gr beras ketan, rendam kurang lebih 12 jam

1 liter beras putih

750 cc Santan Kelapa

100 cc Air matang

3 pcs daun Jeruk

2 pcs daun salam

3 cm kunyit

1 batang serai

1 sdm air jeruk nipis, peras

garam dapur secukupnya

Cara Membuat

1. Siapkan panci sedang besar, isi dengan santan kelapa, garam, halus, daun jeruk, serai, air kunyit (dari campuran remasan daun jeruk, batang serai yang dimemarkan serta parutan kunyit dan 100 ml air yang diperas dan disaring) dan daun salam. Aduk-aduk sampai merata kemudian masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke dalamnya. Rebus sampai mendidih dengan sesekali diaduk rata. Angkat setelah santan sedikit mengering.

2. Setelah selesai direbus, selanjutnya ke tahap pematangan nasi dengan cara dikukus hingga 35 menit lamanya atau sampai matang sempurna. Kemudian angkat dan pindahkan nasi ke wadah bakul sambil sesekali di bolak balik supaya pulen dan tunggu sampai asapnya menghilang.

3. Selanjutnya, tuangkan nasi ke dalam wadah kerucut atau kukusan yang sudah disiram dengan air panas sebelumnya. kemudian pindahkan nasi ke dalamnya sampai padat dan membentuk kerucut lalu angkat kukusan.

4. Lengkapi sajian nasi tumpeng dengan ayam goreng, ikan goreng, lalapan, sayuran juga lauk pauk lainnya dan tentunya sambal goreng pedas agar lebih meriah.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini