nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TAHUN BARU ISLAM: Tradisi Menyambut Muharram di Berbagai Negara Mayoritas Muslim, Mulai dari Arab Saudi, Maroko hingga Malaysia

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 21 September 2017 10:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 21 406 1780207 tahun-baru-islam-perayaan-tahun-baru-islam-di-berbagai-negara-mulai-dari-arab-saudi-hingga-malaysia-DBbA7G5BEA.jpg Masjid Selat Malaka Malaysia (Foto: Touropia)

SETIAP tahun, seluruh masyarakat dunia mengenal berbagai macam perayaan tahun baru yang berbeda. Sebut saja Tahun Baru Masehi, Tahun Baru Cina atau Imlek, dan Tahun Baru Islam. Di tahun ini, Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1439 H jatuh pada Kamis (21/9/2017).

Tentu, seluruh umat Muslim di dunia turut merayakan hari tersebut. Masing-masing umat Muslim memiliki caranya tersendiri. Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (20/9/2017), inilah tradisi perayaan menyambut bulan Muharram di beberapa negara;

Arab Saudi

(Foto: Theweek)

Di Arab Saudi, tidak ada perayaan khusus pada hari Tahun Baru Islam. Umat Muslim biasanya akan menghadiri sesi doa di masjid. Setelahnya, mereka kembali ke rumah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Sebab, sama seperti di negara lain, 1 Muharram selalu dijadikan hari libur. Penekanan utama dari Tahun Baru Islam adalah refleksi diri dan ucapan syukur.

Brunei Darussalam

(Foto: IImfeed)

Sama seperti Arab Saudi, tidak ada perayaan khusus di Brunei Darussalam pada 1 Muharram. Hanya saja lantunan doa akan terdengar dari masjid-masjid di malam hari. Dua tahun lalu, pemerintah Brunei meminta warganya untuk melakukan kegiatan bersih-bersih masjid untuk merayakan 1 Muharram.

Malaysia

(Foto: Shutterstock)

Pada saat Tahun Baru Islam, penduduk Malaysia merayakannya dengan cara membaca surat Yasin dan berdoa di masjid. Ada juga masyarakat yang menggelar upacara peringatan tahun baru di lapangan.

Maroko

(Foto: Mondomulia)

Di Maroko, Tahun Baru Islam biasanya bertepatan dengan Tahun Baru Yahudi. Selama ratusan tahun, ada tradisi yang biasa dilakukan yaitu saling membawakan roti.

Tunisia

(Foto: Klcbs)

Di negara kecil yang terletak di Afrika Utara itu, hampir semua penduduknya beragama Islam. Namun, pada saat Tahun Baru Islam, penduduk Tunisia tidak merayakannya. Jalanan akan tampak sepi, terlebih 1 Muharram juga dijadikan sebagai hari libur.

Beberapa negara lainnya

(Foto: Euronews)

Perayaan 1 Muharram di berbagai negara lainnya dijadikan sebagai periode untuk refleksi diri dan kesadaran. Biasanya hal yang dilakukan adalah berdoa dan berpuasa menjelang 10 Muharram yang dikenal sebagai Puasa Asyura. Ada pula makanan yang biasanya disuguhkan yaitu puding Asyura yang berbahan dasar air, biji-bijian, kacang-kacangan, buah segar dan kering, garam, serta madu. Bisa juga ditambahkan hiasan berupa biji wijen, air mawar, dan buah delima.

1 / 3
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini