Waspadai Efek Samping Terlalu Banyak Ngemil Almond, Berat Badan Naik hingga Keracunan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 22 September 2017 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 21 481 1780405 waspadai-efek-samping-terlalu-banyak-ngemil-almond-berat-badan-naik-hingga-keracunan-shDAacCqWq.jpg Ilustrasi (Foto: Timesofindia)

KITA semua berpikir bahwa kacang almond adalah teman terbaik di saat ngemil. Mengunyah almond dianggap sebagai perilaku sehat, karena mengandung vitamin A. Tentu saja, tapi bagaimana jika Anda terlalu banyak mengonsumsi almond?

Apakah ada dampak buruk dari makan almond terlalu berlebihan? Ya, ada lima dampak buruk yang mungkin Anda alami akibat terlalu banyak mengonsumsi almond. Berikut 5 efek samping terlalu banyak mengonsumsi almond yang dilansir dari Timesofindia, Jumat (22/9/2017):

Masalah pencernaan

Jika Anda mengonsumsi banyak kacang almond, maka berisiko mengalami sembelit, kembung dan mengganggu pencernaan. Hal ini karena ada banyak serat dalam kacang almond dan tubuh tidak terbiasa mengonsumsinya begitu banyak. Jika asupan serat Anda meningkat, maka juga perlu lebih banyak minum air putih untuk mengatasi masalah ini. Namun, yang terbaik adalah menghindari terlalu banyak mengonsumsi almond.

Overdosis vitamin E

100 gram atau setengah cangkir kacang almond mengandung 25 mg vitamin E. Kebutuhan harian Anda untuk vitamin E adalah 15 mg. Sekarang, bayangkan jumlah yang Anda konsumsi jika terlalu banyak mengonsumsinya sekali waktu. Terlebih, Anda juga mengonsumsi sumber vitamin E lain, seperti telur, biji-bijian dan bayam. Dampaknya, Anda bisa mengalami diare, kelemahan dan penglihatan yang kabur.

Berat badan naik

Almond tinggi kandungan lemak dan kalori. Sekira 100 gram kacang almond akan memberi 50 gram lemak, tapi camilan ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Tapi, jika gaya hidup Anda tidak banyak bergerak untuk membakar kalori yang didapat dari ngemil almond, maka dapat menyebabkan penumpukan lemak di tubuh.

Menggangu khasiat obat

100 gram kacang almond mengandung 2,3 mangan, yang merupakan batas atas kebutuhan mineral harian (Anda memerlukan 1,3 sampai 2,3 mg mangan setiap hari). Anda mungkin juga mengonsumsi sumber mangan lain, seperti biji-bijian, sayuran berdaun dan teh. Diet yang kaya akan mangan dapat mengganggu khasiat obat pencahar, tekanan darah dan antibiotik.

Toksisitas

Efek samping ini terbatas pada asupan almond pahit. Meskipun terbukti efektif dalam menyembuhkan kejang dan rasa sakit, jika Anda mengonsumsinya berlebihan, dapat menyebabkan toksisitas di tubuh. Hal ini karena almond mengandung asam hidrosianat, sehingga mengonsumsi berlebihan yang bisa menyebabkan masalah pernapasan, gangguan saraf, tersedak, bahkan kematian!

Batasan aman mengonsumsi almond

Sesuai dengan Food and Drug Administration (FDA), konsumsi almond sehari-hari harus dibatasi tidak lebih dari 1/3 cangkir atau mendekati 40 gram dalam sehari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini