Setelah Viral Laudya Cynthia Bella "Direbut" Malaysia, Eh.. Es Cendol Pun Malah Diklaim Malaysia!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 22 September 2017 07:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 22 298 1780631 setelah-viral-laudya-cynthia-bella-direbut-malaysia-eh-es-cendol-pun-malah-diklaim-malaysia-GfRLJurzSK.jpg Es Cendol (Foto: Qraved)

BELUM lama ini media sosial kembali dibuat gaduh mengenai Indonesia-Malaysia. Setelah Laudya Cyhtia Bella yang dianggap direbut bangsa Malaysia, kini soal makanan.

Jadi, salah satu akun Twitter terkemuka @thisisinsider beberapa waktu lalu memposting video mengenai makanan manis yang menyerupai cendol. Tapi, dalam caption video tersebut, admin akun tersebut menuliskan bahwa dessert tersebut adalah milik Malaysia.

BACA JUGA:

"Visit @rasanyc to try all kinds of Malaysian street food" begitu bunyi captionnya. Mengenai isi videonya sendiri, dijelaskan di awal video itu menuliskan judul "A Sweet Malaysian Dessert". Kemudian, video juga menerangkan sedikit mengenai makanan penutup tersebut.

Di mana, dijelaskan di video itu bahwa hijaunya makanan itu berasal dari larutan daun pandan. Kemudian ada saringan yang akhirnya membentuk makanan tersebut menjadi jeli. Selanjutnya, video itu menjelaskan juga bahwa di Rasa, makanan ini biasa disajikan bersama es serut, gula merah, dan kacang merah. Sama kan kayak es cendol di Indonesia?

Setelah video itu tersebar luas di dunia maya, banyak netizen yang memberikan respon. Nah, banyak juga dari warganet Indonesia yang nimbrung memberikan tanggapan mengenai es cendol yang diklaim milik Malaysia tersebut.

Salah satunya dari akun @askamajid, dia menulis, "Yap, maybe u can find Chendol anywhere.. but it's Indonesian food ya.. takenote, yaa." Hal serupa juga dikatakan pengguna akun @kamilawall. Dia menulis,"cendol is Indonesian tradisional dish. get your source right."

BACA JUGA:

Sementara itu, netizen Malaysia ikut berkomentar. Ada yang mengatakan,"stop claiming and shut up, please." Begitu juga dengan akun @luqmannsani yang menyebut "semua makanan Malaysia adalah milik Indo! Kahkahkah #claimlagidanlagi."

Tak hanya menyoal cendolnya, netizen juga dibuat gaduh dengan kemunculan mangkok ayam di video tersebut. Netizen Indonesia pun mengklaim bahwa mangkok tersebut adalah asli dari negaranya.

Namun, tidak sedikit dari netizen yang menengahi keributan ini. Dijelaskan salah satunya dengan menyatakan bahwa Indonesia dan Malaysia itu berdekatan. Sampai ada yang memberikan emoticon "love" untuk kedua negara tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini