Penyakit Langka! Pria Ini Dengar Kata 'Khusus' Langsung Makan, Apa Penyebabnya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 22 September 2017 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 22 298 1780681 mengidap-penyakit-langka-pria-ini-syndrom-unik-dengar-kata-khusus-langsung-makan-kKoEavncpm.jpg Dave Evans (Foto: Dailymail)

SETIAP manusia dianugerahi keistimewaannya sendiri-sendiri. Bahkan, di antara mereka ada yang cukup mengesankan. Sebut saja Dave Evans pria asal Willesden Green di London ini punya keunikan yang jarang dimiliki manusia lain. Pria berusia 29 tahun ini bisa menyicipi rasa "kata-kata".

Janggal memang! Tapi, begitulah faktanya. Dilansir dari Daily Mail, Jumat (22/9/2017), Dave mulai bisa merasakan kata sejak usianya 9 tahun. Saat itu dia merasa dirinya tidak begitu spesial. Dia menganggap bahwa setiap anak pun punya "kelebihan" yang dia miliki ini.

BACA JUGA:

Ada beberapa kata yang memiliki rasa di baliknya. Dave menceritakan, misalnya ketika dia mendengar kata "timur", maka lidahnya seperti sedang mengunyah cornflake. Begitu juga saat Dave mendengar kata "bulu", yang dia rasakan di mulut adalah olahan babi yang nikmat.

Bekerja sebagai manager sosial media sebuah perusahaan terkenal, di kantornya pun dia punya kebiasaan unik lainnya. Jadi, ketika Dave mendengar nama bosnya, Alice, maka lolipop rasa buah segar membanjiri lidahnya.

Perlu Anda ketahui, kondisi ini tidak begitu nyaman bagi penderitanya. Setiap kali si pasien mendengar kata tertentu, dirinya akan merasakan sesuatu di mulutnya dan itu tergambarkan jelas rasanya.

Karena keunikannya ini, banyak orang yang menganggapnya aneh, termasuk orang tuanya. Beberapa dari mereka, sambung Dave, mengira bahwa dirinya pengguna narkoba. Padahal itu tidak benar sama sekali.

Ngomong-ngomong asal muasal rasa itu muncul, dijelaskan Dave, saat dia berusia 9 tahun. Kala itu temannya yang bernama Cai menciptakan rasa unik di lidahnya. "Jadi, kalau dengar kata Cai, maka lidah saya secara spontan bakal merasakan daging mentah. Aneh memang, tapi saya juga tidak tahu dari mana kemampuan ini datang," ungkapnya.

Ada beberapa kata lainnya yang punya rasa khusus di lidah Dave. Misalnya saja "konglomerat" yang punya rasa pasir, "marmer" yang rasa di lidahnya berupa rasa saus cokelat. Kemudian kata "London" yang membuatnya seperti sedang makan rebusan kentang, atau kata "menara" yang menciptakan bau buah yang kuat di hidung Dave.

Kemudian, semakin bertambahnya usia, Dave mulai pensaran dengan keunikan yang ada di dirinya. Dan setelah beberapa waktu dia mencari informasi di internet, akhirnya Dave menemukan halaman seseorang di situs MySpace yang menulis tentang synaesthesia gustatory-lustical.

"Kedengarannya persis seperti apa yang saya alami. Setelah itu, sekali lagi saya mulai bertanya kepada orang-orang apakah mereka pernah mencicipi makanan yang berbeda saat kata acak diucapkan," tambahnya.

Perlu Anda ketahui bahwa masalah ini tidak memiliki diagnosis resmi. Meski begitu, Dave telah menyesuaikan gejalanya dengan orang-orang yang online. Semakin dia mengetahui kelainan ini, semakin mantab buat Dave meyakini dirinya memiliki synaesthesia gustatory-gustatory.

"Meski begitu, karena hal itu tidak mempengaruhi hidup saya terlalu banyak, saya tidak melihat ada kebutuhan untuk pergi ke dokter atau mendapatkan diagnosis resmi," pungkasnya.

Sedikit tambahan, berikut beberapa kata dan rasa yang dimiliki Dave.

KATA:

London

Bulu

Konglomerat

Menara gereja

Marmer

Trouble / bauble

Keluarga

Homogen

Makan

Mencuri

Eliksir

Monopoli

Riak

Alice

RASA:

Rebusan kentang

Pork berderak

Pasir

Buah-buahan

Saus coklat

Krim

Korek api

Keju

Sereal jagung

Saus

Ceri asam

Ubi jalar

Susu kental

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini