nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Ragam Oleh-Oleh Khas Betawi, Biji Ketapang Salah Satu yang Populer

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 22 September 2017 20:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 22 298 1781220 mengenal-ragam-oleh-oleh-khas-betawi-biji-ketapang-salah-satu-yang-populer-0E9g8mEnmx.jpg Biji ketapang (Foto: Resepkoki)

OLEH-oleh merupakan salah satu istilah yang identik bagu seseorang melakukan sebuah perjalanan ke suatu tempat, lalu membawa buah tangan khas dari daerah yang dikunjungi. Biasanya, buah tangan tersebut berupa souvenir, pakaian, makanan, hingga yang paling populer adalah camilan.

Seperti ketika berkunjung ke Palembang, di mana oleh-oleh yang populer adalah pempek. Jika ke Bandung, buah tangan yang sering dibawa adalah tape dan masih banyak lagi. Sementara di Jakarta, salah satu yang sangat populer adalah biji ketapang. Makanan ringan berbahan dasar tepung terigu dan kelapa parut ini merupakan camilan khas asli Betawi.

BACA JUGA:

Berburu Oleh-Oleh Khas Jakarta di Mana?

Sebanyak 95% Orang Indonesia Pulang Travelling Pasti Bawa Oleh-Oleh

Masyarakat Jakarta sendiri tentu sudah sangat familiar dengan kudapan ini, namun untuk menemukan biji ketapang sepertinya cukup terbilang susah-susah gampang. Sebab, di Ibu Kota sendiri sudah terlalu banyak kehadiran makanan kekinian yang keotentikannya sudah berkurang.

 

(Foto: Instagram)

“Biji Ketapang ini makanan khas Betawi. Biasanya ada saat di Hari Lebaran saja. Rasanya manis dan empuk. Buat dijadiin oleh-oleh atau dibagiin cocok banget," ungkap Nia Febriana, produsen oleh-oleh khas Betawi "Mpo Romlah" di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, dalam keterangannya pada Okezone, Jumat (22/9/2017).

Selain biji ketapang, ada berbagai pilihan oleh-oleh yang bisa dijadikan buah tangan jika berkunjung ke Ibu Kota. Misalnya sagon, geplak, akar kelapa, rengginang, dodol Betawi, kerak telor hingga bir pletok khas Betawi.

Sementara itu, aneka souvenir unik yang kental dengan budaya Betawi juga bisa jadi pilihan untuk dibawa pulang. Seperti gantungan kunci, dompet, tempelan kulkas hingga tempat kartu nama yang klasik. Dengan mengadopsi budaya Betawi dalam aneka souvenir, tentu saja hal itu juga merupakan bentuk dari pelestarian Budaya Betawi.

BACA JUGA:

"Saya ingin melestarikan dan lebih mempopulerkan budaya Betawi lewat pusat oleh-oleh agar tak hanya masyarakat di Jakarta saja tapi sampai seluruh Indonesia bahkan Mancanegara," paparnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini