nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesal Buah Apel Cepat Berubah Coklat? Coba Lakukan Trik Ini agar Apel Tetap Segar

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 22 September 2017 22:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 22 298 1781300 kesal-buah-apel-cepat-berubah-coklat-coba-lakukan-trik-ini-agar-apel-tetap-segar-0E5UePlt8o.jpg Buah apel (Foto: Vegetarian ginger)

HENDAK membuat salad buah atau es buah yang menggunakan potongan apel tapi buah berkulit merah ini cepat menjadi cokelat? Ini pasti jadi membuat kesal, pasalnya buah apel yang browning pasti membuat hidangan kurang menarik.

Proses browning pada buah apel adalah hal yang alami ketika daging buah yang berwarna putih ini menjadi kecokelatan ketika terpapar udara. Asal tahu caranya, proses browning ini bisa dihentikan lho.

Dilansir dari ThisisInsider, Jumat (22/9/2017) ada beberapa trik cerdas yang bisa membuat apel tetap berwarna putih segar meskipun sudah dipotong. Caranya cukup simpel, potong-potong buah apel kemudian rendam dalam air yang sudah diberi garam.

Untuk membuat apel tetap segar, gunakan takaran ½ sendok teh garam pada semangkuk air dingin. Rendam apel selama 5 sampai 10 menit kemudian tiriskan. Setelah itu simpan potongan apel pada wadah kedap udara atau plastik tertutup sampai saat akan digunakan. Cairan garam akan menjaga permukaan daging apel dari proses pencoklatan. Sebelum digunakan, bilaslah apel dengan air matang, karena sisa garam yang masih melekat akan membuat rasa apel menjadi agak asin.

Jika merendam dengan air garam terasa kurang efektif, masih ada cara lainnya. Gunakan madu sebagai bahan utama untuk menghentikan proses oksidasi. Caranya adalah melarutkan ½ sendok teh madu dengan segelas air. Rendam irisan apel dalam air ini selama 5 menit. Tiriskan lalu simpan apel atau langsung sajikan.

Masih mencari alternatif cara lain? Manfaatkan air perasan jeruk lemon. Siapkan potongan apel dalam wadah kemudian beri percikkan air lemon dan diamkan selama 5 menit. Cara ini bisa membuat apel tetap segar dan berwarna putih selama 1 hingga 2 jam.

Cara tersebut bisa jadi alternatif untuk tetap membuat apel segar saat disajikan, apalagi jika yang disajikan adalah suguhan spesial di momen seperti pesta dan makan prasmanan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini