nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Negara dengan Fenomena Aurora Paling Indah di Dunia

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 22 September 2017 11:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 22 406 1780742 4-negara-dengan-fenomena-aurora-paling-indah-di-dunia-KqkDLdXujU.jpg Aurora di Islandia (Foto: Natgeo)

AURORA merupakan salah satu fenomena alam yang berupa cahaya di langit yang menyala-nyala begitu indahnya. Cahaya tersebut berada pada lapisan ionosfer yang disebabkan adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki sebuah planet dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari. Aurora juga jadi fenomena alam yang hanya terjadi di daerah-daerah tertentu saja, seperti Islandia.

Cahaya aurora yang berwarna-warni tidak hanya diam berada di langit, tapi seakan melakukan atraksi pertunjukan berupa tarian yang entah apa nama dan jenis tariannya. Cahaya yang mencolok nan mempesona tersebut bergerak-gerak di langit dan jadi pertunjukan yang paling dinantikan oleh para penduduk dan wisatawan.

Anda penasaran dan ingin menyaksikannya langsung dengan mata kepala sendiri? Tenang, berikut sederet lokasi pertunjukkan aurora yang memukau, seperti yang dilansir dari National Geographic, Jumat (22/9/2017).

Islandia

Islandia jadi negara yang dapat dikunjungi untuk menyaksikan aurora. Negara ini sangat mendukung untuk menyaksikan aurora, mulai dari garis lintang hingga garis bujur, begitu sangat mendukung. Namun, sayangnya tampilan aurora terkadang tidak selalu maksimal, karena adanya faktor cuaca yang tidak selalu dapat bekerja sama. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati aurora di Islandia, ialah Gunung Kirkjufell. Jika Anda berminat, datanglah pada akhir Agustus hingga awal April dan menarilah sepuasnya bersama aurora.

Fairbanks, Alaska

Daerah ini hanya berada dua derajat di bawah Kutub Utara di dekat bandara internasional dan Taman Nasional Denali. Fairbanks jadi tempat terbaik di Amerika Serikat untuk melihat pertunjukkan aurora. Datanglah ke Fairbanks pada akhir Agustus hingga pertengahan April agar dapat melihat tarian indah si aurora.

Yellowknife, Kanada

Di Yellowknife, Kanada ada sebuah desa yang menawarkan kegiatan khusus untuk melihat aurora. Di Kanada memang jadi negara terbaik untuk menyaksikan aurora, berkat lintang utara dan polusi cahayanya yang rendah. Jika ingin melihat aurora di Kanada, Anda bisa datang pada pertengahan Agustus hingga akhir April.

Tromsø, Norway

Aurora yang spektakuler dapat juga dilihat dari sebuah desa bernama Ersjordbotn yang berjarak 12mil dari Tromso. Lokasi lainnya di Negara yang sama ialah Kepulauan Lofoten dan kota-kota utara Alta, Nordkapp dan Kirkenes. Bila ingin ke tempat-tempat tersebut datanglah pada pertengahan September hingga akhir Maret.

 

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini