Dikira Rabun, Ternyata Ada Cacing Sepanjang 3 Milimeter Bersarang di Bola Mata Remaja Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 22 September 2017 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 22 481 1780628 dikira-rabun-ternyata-ada-cacing-sepanjang-3-milimeter-bersarang-di-bola-matanya-PzhIi5aVGN.jpg Kantung Mata (Foto: Thehealthsite)

KETIKA Anda membuka mata untuk pertama kalinya setelah bangun tidur, biasanya kondisinya memang sering tidak baik. Penyebabnya beragam. Salah satunya karena durasi tidur yang terlalu panjang.

Tapi, apa jadinya kalau mata Anda penglihatannya kurang jelas tetapi bukan karena masalah tidur? Seperti yang dialami remaja di Meksiko. Merasa ada yang salah dengan matanya, remaja 17 tahun itu pergi ke dokter untuk memeriksakan matanya.

Setelah melalui proses pemeriksaan, ternyata masalah dari gangguan penglihatan remaja ini adalah adanya cacing hidup di bola matanya!. Hasil pemeriksaan itu dijelaskan dokter yang menangani remaja ini. Adalah dr. Pablo Guzman-Salas yang mendapati kasus ini. Menurutnya, si pasien ini bahkan tidak bisa melihat jari-jari kami saat pemeriksaan dilakukan.

 BACA JUGA:

Dokter residen spesialis mata di Institute of Ophthalmology di Mexico City itu menambahkan, sebetulnya pasien sudah mengalami sakit mata sejak 3 minggu yang lalu. Namun, karena sudah tidak bisa diatasi sakitnya, makanya dia pergi ke rumah sakit.

Jadi, dikutip dari Livescience, Jumat (22/9/2017), remaja berusia 17 tahun itu awalnya mengalami sakit sejak 3 pekan sebelumnya. Dia juga mengalami gangguan penglihatan di mata kanan. Diagnosis pasien ini pun telah dilaporkan di The New England Journal of Medicine.

Nah, lebih lanjut mengenai pemeriksaan, Dr Pablo ketika itu menunjukkan jari-jarinya dalam jarak hanya 0,3 meter dan pasien nyaris tidak bisa melihatnya. Pasien remaja ini hanya bisa mendeteksi pergerakan jari-jari itu.

Pemeriksaan pun menunjukkan kerusakan serius pada mata pasien. Korneanya bengkak dan penuh bercak darah. Beberapa lubang ditemukan pada iris mata. Karena kejanggalan ini juga yang akhirnya membuat tim dokter memeriksakan pasien lebih lanjut.

Dan hasilnya mengejutkan, ada cacing bergerak dengan bebas di bola mata pasien! Ya, dokter menemukan cacing sepanjang 3 milimeter dengan lebar 1 milimeter di bola matanya. Cacing tersebut teridentifikasi golongan Trematoda dan dikeluarkan dalam beberapa potongan.

Karena itu juga, akhirnya pasien harus menjalani operasi untuk mengangkat lensa, berikut cairan ekstra yang memenuhi bola matanya. Dia juga mendapat obat antiparasit. Hingga 6 bulan kemudian, dilaporkan penglihatan di mata kanannya tidak membaik. Cacing itu benar-benar merusak mata si pasien.

BACA JUGA:

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini