nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toko Kue Mentah yang Lagi Viral di Medsos Akhirnya Dituntut Pelanggan, Mereka Mengeluh Sakit Perut setelah Mencicipi

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Sabtu 23 September 2017 21:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 23 298 1781751 toko-kue-mentah-yang-lagi-viral-di-medsos-akhirnya-dituntut-pelanggan-mereka-mengeluh-sakit-perut-setelah-mencicipi-mtVNIYgTUI.jpg

BEBERAPA hari lalu netizen dihebohkan dengan adanya toko kue yang menjual adonan kue tanpa dipanggang. Foodies berbondong-bondong ingin mencicipi kue millennial ini, tapi tampaknya tren produk baru ini kurang berjalan mulus pasalnya ada beberapa orang yang mengeluh sakit setelah menyantap kue mentah ini. 

Sebuah toko kue di New York City membuat geger netizen karena mengklaim menjual produk adonan kue yang tanpa melalui proses pemanggangan ataupun pemasakan. Untuk membuat produknya aman dikonsumsi, kue dibuat menggunakan campuran telur yang sudah dipasteurisasi dan tepung yang dipanaskan. Alhasil dalam sekejap toko kue berlabel Dō ini ramai dikunjungi pembeli. 

Tapi ternyata tren ini agaknya mendapat kendala yang cukup serius, pasalnya 2 orang konsumen melaporkan ke pihak berwajib soal keluhan sakit yang dialami setelah menyantap kue mentah ini. Dilansir dari ThisisInsider, Sabtu (23/9/2017) gugatan dilayangkan oleh pelanggan bernama Julia Canigiani dan Katherine Byrne yang pernah memesan kue ini dalam bentuk sandwich kue dan es krim. 

Tidak lama setelah makan produk "Sandōwich," mereka mengaku mengalami sakit perut dan mual. Tapi pihak toko kue langsung membantahnya lewat keterangan yang dimuat di website resminya. "Untuk produk yang mengandung telur, kami menggunakan telur yang dipasteurisasi sehingga tidak mungkin mengandung bakteri salmonella. Proses pemanasan ini membunuh semua bakteri yang membahayakan," bunyi keterangan dalam websitenya.

Selain itu dalam keterangan yang sama juga tertulis tepung yang digunakan sudah melalui proses pemanasan sehingga tepung menjadi matang. "Tepung yang dipakai juga sudah melalui proses pemanasan sehingga jadi tepung yang siap saji," tambahnya.

FDA menyarankan saat mengolah makanan yang disajikan mentah, sebaiknya menggunakan telur yang sudah melalui proses pasteurisasi sehingga menghancurkan dan membunuh bakteri salmonella. Sementara itu produk tepung yang digunakan juga harus melalui proses pemanasan agar matang meskipun tidak melalui pemasakan. Jika masih ada yang mengalami keluhan sakit, sebaiknya melapor agar bisa ditindaklanjuti dengan serangkaian pemeriksaan. 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini