nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkatkan Jumlah Wisatawan, Tanjung Lesung Perkuat Konsep "Tourism and Sporty"

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 23 September 2017 20:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 23 406 1781705 tingkatkan-jumlah-wisatawan-tanjung-lesung-perkuat-konsep-tourism-and-sporty-sNcGLjYvUg.jpg Tanjung Lesung (Foto: Sukardi)

MENJADI salah satu dari 7 Wonderful Banten, Tanjung Lesung terus berbenah. Mulai dari infrastruktur hingga perbaikan fasilitas umum di sisir pantai.

Target capaian yang diinginkan memang pembangunan jalan tol dan juga lapangan penerbangan. Namun, impian itu memang bukan sesuatu yang mudah. Perlu banyak waktu untuk bisa mewujudkan hal tersebut.

Namun, bukan diam begitu saja, pemerintah setempat khususnya Dinas Pariwisata Provinsi Banten terus berupaya untuk menjadikan Tanjung Lesung sebagai destinasi wisata yang tak kalah menarik dari yang sudah ada. Upaya tersebut pun dijalankan salah satunya adalah Festival Tanjung Lesung 2017.

Dijelaskan Gubernur Banten Wahidin Halim, terselenggaranya acara tersebut sebagai upaya pemerintah dalam memperkenalkan kecantikan Tanjung Lesung. Bukan hanya menikmati pantainya yang tenang, namun dengan adanya penambahan aktivitas seperti turnamen olahraga, diharapkan penggiat olahraga mampu melihat keindahan Tanjung Lesung.

"Saya berharap bahwasannya Tanjung Lesung bisa menjadi destinasi yang menyenangkan dan jadi alternatif liburan bagi masyarakat Indonesia pun dunia," terangnya saat diwawancarai Okezone, Sabtu (23/9/2017).

Wahidin juga menjelaskan bahwa pemerintah dengan tegas mendukung penuh pengembangan wisata daerah. "Makanya, kami juga berharap bahwa masyarakat setempat bisa bersinergi secara baik dengan pemerintah agar capaian ini dapat terkabul," tambah Wahidin.

Sementara itu, diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati penyelenggaraan Festival Tanjung Lesung 2017 ini merupakan upaya pengenalan kepada dunia tentang Tanjung Lesung.

Keistimewaan dari acara ini adalah diselenggarakannya 4 turnamen olahraga, di mana 4 kegiatan itu antara lain Pandeglang 10k, Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM), Sunset Trail Run, dan Rhino Cross Triathlon. "Kami mengusung tema Tourism and Sporty" supaya pengunjung yang ingin datang ke Tanjung Lesung mendapatkan referensi lain selain menikmati alam yang indah tapi juga tetap bisa betaktivitas olahraga khususnya," ucap Eneng.

Perlu Anda ketahui, pada Sabtu (23/9/2017), diadakan 2 kegiatan sekaligus, yaitu MTB XCM dan Sunset Trail Run. Dibuka langsung Gubernur Banten Wahidin Halim, sebanyak 90 pesepeda menjajal track yang sengaja dibentuk di Tanjung Lesung.

Bicara mengenai track, bukan sesuatu yang mudah. Peserta harus melewati hutan yang ada di Tanjung Lesung, kemudian menjajal lintasan flat di sepanjang Tanjung Lesung, bahkan mereka harus berjibaku dengan bukit kecil yang ada di sekitaran area Mongolia.

Sementara itu, untuk Sunset Trail Run, peserta sembari lari mereka akan disuguhkan penampakan matahari terbenam. Istimewanya event ini adalah peserta akan melihat matahari yang terbenam di belakang Gunung Krakatau, yang lokasinya memang tidak terlalu jauh dari Tanjung Lesung.

Sementara itu, untuk Rhino Cross Triathlon diselenggarakan pada Minggu, 24 September 2017. Di turnamen ini, peserta diharuskan melakukan 3 olahraga sekaligus dalam sekali track. Yang pertama, peserta harus berenang di Pantai Tanjung Lesung dengan jarak tempuh maksimal 1 km.

Kemudian, peserta harus mengayuh sepeda dengan track yang sama seperti denga MTB XCM dengan jarak 16 km. Satu tantangan lagi adalah lari dengan jarak 10 km. Bukan sesuatu yang mudah, ya!

Jadi, apakah ingin merasakannya juga? Jajal saja berlibur di Tanjung Lesung!

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini