Sudah Berusia 8 Bulan, Andien Ajak Kawa Menapaki Rumput di Pagi Hari biar Lebih Mengenal Alam

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 25 September 2017 21:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 25 196 1782867 sudah-berusia-8-bulan-andien-ajak-kawa-menapaki-rumput-di-pagi-hari-biar-lebih-mengenal-alam-bIAjuiUDUe.jpg Andien (Foto: Instagram)

TINGKAH menggemaskan putra Andien, Anaku Askara Biru atau sering dipanggil Kawa saat menyantap makanan membuat banyak netizen merasa terinspirasi. Namun, inspirasi bukan hanya datang dari cara Kawa memakan makanannya, tetapi juga kebiasaan yang bermanfaat.

Salah satunya adalah kebiasaan mendekatkan sang putra pada alam sekitar saat sudah berusia 8 bulan. Usia Kawa sendiri tepat 8 bulan pada 7 September lalu. Artinya, sudah saatnya untuk Earthing atau memperkenalkan Kawa untuk lebih dekat dengan alam, termasuk membiarkannya bermain di luar ruangan.

BACA JUGA:

Membantu Bayi Belajar Berjalan, Bagaimana Caranya?

Dalam budaya Jawa, ketika anak berusia 7 bulan dalam kalender Jawa atau 8 bulan dalam kalender masehi, maka dilakukan tradisi Tedak Siten. Ini dilakukan sebagai salah satu cara penghormatan kepada bumi di mana si kecil mulai belajar menginjakkan kaki.

Meski tidak melakukan tradisi Tedak Siten dengan formal, Andien juga menerapkan tradisi ini kepada anaknya. Kini, Kawa mulai bebas menginjakkan kaki di tanah dan bermain dengan hewan yang ada di sekitar.

Hal ini diperlihatkan Andien melalui sebuah foto yang diunggah di Instagram miliknya, @andienaisyah. Dalam foto tersebut terlihat sepasang kaki Kawa yang berdiri di rerumputan tanpa menggunakan alas kaki.

“Ada kebiasaan baru yang lahir sejak 8 bulan yang lalu. Menyapa matahari, pohon, rumput, bunga, kucing, kelinci, anjing, angin, dan semua yang ada di sekeliling kami sambil earthing bareng di pagi hari. Menambah perbendaharaan kata sambil pelan-pelan menumbuhkan rasa cinta terhadap alam sekitar. Tumbuhlah dengan Kecerdasan Naturalis, Nak. Kelak kamu akan paham hakikatmu ada di bumi ini. #KecerdasanNaturalis #AnakuAskaraBiru,” tulis Andien dalam keterangan foto.

Dari caption tersebut, Andien mengungkapkan bahwa kebiasaan itu telah dilakukan sejak 8 bulan lalu. Artinya ia telah mengenalkan alam pada Kawa sejak baru lahir.

Istilah earthing sendiri berarti membumi. Artinya merujuk pada hubungan lebih dekat dengan bumi, seperti bertelanjang kaki di atas tanah. Sehingga memungkinkan kulit kaki bersentuhan langsung dengan bumi tanpa penghalang apapun.

Earthing dipercaya memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Kandungan energi natural pada alam disebut dapat memperkuat sistem imun tubuh dan memberikan antioksidan pada tubuh.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini