nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

COOKING GADGET: Suka Pakai Teko Listrik? Simak Langkah Tepat untuk Membersihkannya

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 26 September 2017 04:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 25 298 1782808 cooking-gadget-suka-pakai-teko-listrik-simak-langkah-tepat-untuk-membersihkannya-dpoQ13NTBo.jpg Teko listrik (Foto: Thekitchn)

SEIRING dengan kepadatan aktivitas harian, didukung dengan kecanggihan teknologi. Tidak dipungkiri kehadiran peralatan memasak memang semakin canggih.

Salah satunya ialah teko listrik, jika dahulu saat ingin merebus air menjadi air panas air harus terlebih dahulu direbus di dalam teko di atas kompor api. Akan tetapi, sekarang dengan kehadiran teko listrik ini maka tidak ada lagi acara merebus air secara manual di atas kompor, tanpa perlu repot-repot hanya dengan tinggal mencolokkan kabel ke stop kontak, Voila! air panas untuk menyeduh minuman teh atau kopi sudah siap tersedia dalam waktu sekejap.

Eits, layaknya teko konvesional, teko listrik ini juga perlu dibersihkan. Setelah berbulan-bulan dipakai, teko elektrik ini dapat menimbun mineral yang dihasilkan dari air rebusan yang digunakan selama ini. Lalu bagaimana cara membersihkan teko listrik tersebut dengan tepat? Berikut penjelasannya, sebagaimana dilansir Thekitchn, Senin (25/9/2017).

BACA JUGA:

A) Peralatan dan bahan yang dibutuhkan;

Cuka putih suling (distilled white vinegar);

Air;

Sikat untuk menyikat (seperti sikat untuk menyikat botol);

Kain microfiber

Cara membersihkan;

1. Campur cuka putih suling dengan air dalam rasio yang sama dalam sebuah gelas ukur;

2. Tuangkan campuran ini ke dalam teko, lalu nyalakan teko listrik tersebut. Biarkan cairan campuran air dan cuka putih suling tersebut direbus hingga mendidih. Setelah mendidih, baru matikan teko, cabut kabel teko dari stop kontak, diamkan sampai air rebusan menjadi dingin;

3. Bersihkan bagian luar teko dengan cara, mencelupkan kain microfiber yang sudah disiapkan sebelumnya tadi ke dalam campuran air dan cuka putih suling tadi lalu usap-usap, lap bagian interior luar teko dengan seksama.

4. Ambil sikat botol, lalu gosok-gosok bagian dalam teko dengan bantuan alat sikat botol tersebut, pastikan Anda telah menggosok membersihkan setiap sisi di dalam teko;

5. Buang, tuang cairan yang ada di dalam teko, lalu bilas dengan air bersih, kemudian tuang airnya kembali;

6. Terakhir, isi teko dengan air biasa mengalir lalu rebus seperti biasa. Lakukan cara ini satu hingga dua kali, dengan metode ini maka sisa-sisa aroma dan rasa cuka akan bisa hilang dari teko. Selamat mempraktekannya di rumah!

BACA JUGA:

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini