nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Potensi Pastry Bakery Kian Diminati, Chef Ucu Sarankan Adonan Kue Dimodifikasi

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 26 September 2017 10:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 25 298 1782811 potensi-pastry-bakery-kian-diminati-chef-ucu-sarankan-adonan-kue-dimodifikasi-JWdSoVApiy.jpg Foto: eaterseattle

KEKAYAAN potensi alam Indonesia memang patut diacungi jempol, segala hasil bumi maupun laut bisa jadi bahan untuk membuat kreasi makanan. Kekayaan inilah yang harus dimanfaatkan dengan maksimal, salah satunya menjadi komposisi pembuatan kreasi kue tradisional.

Ditemui di Jakarta, Pastry Chef Ucu Sawitri mengatakan dengan tegas Indonesia memiliki berbagai sumber daya yang potensial, demikian juga dengan bidang pastry bakery yang perkembangannya sangat pesat.

"Potensi pastry bakery di Indonesia sangat luar biasa. Terlebih didukung dengan kekayaan alam yang juga luar biasa. Ini jika dikombinasikan bisa jadi produk yang potensial," kata Chef Ucu dalam Konferensi Pers Kompetisi Blue Band Master Oleh-oleh 2017 di Jakarta, Senin (25/9/2017). 

Dikatakan juga setidaknya dalam 3 tahun terakhir, Chef Ucu banyak disibukkan dengan sederet kegiatan menjadi juri dalam ajang lomba bertajuk pastry bakery.

"Pengalaman saya di bidang pastry bakery sudah 20 tahun dan saya melihat 3 tahun belakangan ini perkembangannya pesat sekali. Masih sangat sedikit orang-orang yang kompeten di bidang ini padahal masyarakat sangat merespon tinggi," lanjutnya. 

Bukan hanya antusiasmenya saja yang melejit tetapi juga hasil kreasi produk pastry bakery terbaru. Kreatifitas masyarakat sekarang sangat tinggi, semakin hari semakin berani mengolah berbagai makanan lokal menjadi lebih modern dengan tanpa meninggalkan sisi autentiknya. 

"Saya akui kreasi masyarakat sekarang sangat luar biasa. Sudah ada kreatifitas dan kemauan tapi mereka masih belum ada pegangan standarnya. Bagaimana bikin yang awet, bagaimana pengemasan, bagaimana pemasaran dan sebagainya," beber Chef Ucu yang sudah menggeluti bidang pastry secara turun menurun sejak neneknya. 

Perempuan jebolan sekolah Tata Boga dari IKIP Jakarta ini mengatakan hampir semua bahan bisa ditambahkan dalam kue. Asal bisa mengkreasikannya, bahan-bahan in akan membuat kue hadir lebih lezat. 

"Mulai dari buah, biji, daun bisa dibikin produk pastry, misalnya daun bayam bisa jadi campuran adonan kue. Jangan hanya jenis kue yang dikembangkan, namanya juga harus dipertimbangkan, jangan itu-itu saja," lanjutnya. 

Kue tradisional yang naik kelas karena masuk ke hotel-hotel berbintang kini jumlahnya semakin beragam. Apalagi ada himbauan untuk menyajikan makanan tradisional setiap hari. 

"Kue Indonesia itu enggak bisa diganti, getuk lindri ya getuk lindri. Mungkin kreasinya yang ditambah misal tambahkan kacang atau bentuknya jadi di-roll," pungkas Chef Ucu. 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini