Cari Pengganti Wine saat Memasak? Coba Manfaatkan Jus Delima Hingga Kaldu Daging Sebagai Bahan Alternatif!

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 25 September 2017 21:56 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 25 298 1782854 cari-pengganti-wine-saat-memasak-coba-manfaatkan-jus-delima-hingga-kaldu-daging-sebagai-bahan-alternatif-FB42i7w2E4.jpg Masak dengan wine (Foto: Wine Spectator)

DALAM mencoba mempraktekkan aneka resep yang didapat dari banyak buku masakan, hingga resep di internet, terkadang tidak dipungkiri membutuhkan jenis minuman beralkohol seperti red wine alias anggur merah, ataupun white wine alias wine putih.

Namun, tidak disangkal bahwasanya tidak semua orang mau dan bisa menggunakan kedua jenis bahan ini. Biasanya penggunaan red dan white wine dalam resep masakan biasanya memang dihadirkan untuk melunakkan daging hingga memberikan cita rasa yang lebih lezat dalam masakan itu sendiri.

Akan tetapi jika Anda termasuk dalam kategori orang yang enggan ataupun tidak bisa memakai anggur merah dan anggur putih, sebagai salah satu bahan masakan. Jangan khawatir, acara masak-memasak tidak akan terganggu karena kehadiran red ataupun white wine tersebut bisa diganti dengan menggunakan bahan-bahan alternatif pengganti lainnya. Apa saja? Simak dulu ulasannya berikut ini.

Pengganti red wine

Cuka anggur merah 

Sifat asam yang dihadirkan oleh cairan cuka, adalah pengganti yang cocok untuk melakukan teknik deglaze di dalam pan.

Jus delima, anggur dan cranberry 

Ketiga jenis jus buah-buahan ini juga termasuk mengandung acidic atau asam. Rasa dari buah-buahan seperti delima, anggur, dan cranberry disebutkan juga bisa memberikan rasa yang lebih dalam kepada masakan.

Kaldu ayam, daging, dan sayuran

Walaupun berasa kurang asam, namun air kaldu ayam, daging, ataupun sayuran adalah kandidat ideal untuk memberikan cita rasa pada masakan. Untuk cita rasa ekstra, Anda bisa coba untuk mencampurkan 1 sendok makan cuka ke dalam per 1 cup (236 ml) air kaldu.

Pengganti white wine;

Cuka anggur putih 

Sama seperti cuka anggur merah, cuka anggur putih adalah pengganti yang cocok bagi wine putih untuk melakukan teknik deglaze di dalam pan karena memberikan karakteristik rasa yang sama, namun tidak mengandung alkohol;

Air perasan lemon

Air perasan lemon juga disebutkan sebagai bahan pengganti yang cocok untuk mereplika alias meniru rasa tajam yang biasanya dihadirkan oleh wine putih terhadap masakan. Sebelum dipakai, encerkan dahulu air perasan lemon dengan air (dalam rasio yang sama) untuk menghindari rasa lemon yang terlalu kuat mendominasi;

Jus anggur putih 

Gunakan jus anggur putih, saat ingin menghadirkan cira rasa manis dalam masakan. Untuk pengganti yang lebih pas, bisa coba mencampurkan 1 sendok makan cuka atau air perasan lemon per 1 cup jus anggur putih (236 ml);

Kaldu ayam, dan sayuran 

Sama halnya dengan pengganti red wine, air kaldu ayam dan sayuran bisa dimanfaatkan untuk menambahkan cita rasa pada masakan, untuk cita rasa ekstra bisa coba mencampurkan 1 sendok makan cuka atau air perasan lemon ke dalam per 1 cup (236 ml) air kaldu. Demikian seperti dilansir Thekitchn, Senin (25/9/2017).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini