nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BACKPACKER DIARY: Patbingsoo, Dessert Khas Korea yang Laris Manis di Seluruh Dunia

Dada Sathilla, Jurnalis · Selasa 26 September 2017 05:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 25 298 1782860 backpacker-diary-patbingsoo-dessert-khas-korea-yang-laris-manis-di-seluruh-dunia-EgXAwyXOzW.jpg

BUDAYA Korea tengah naik daun sejak beberapa tahun belakangan. Sebab utamanya tentu karena kepopuleran K-Drama dan boyband/ girlband asal negeri ginseng ini. Setelah itu restoran Korea mulai bermunculan dimana - mana, mengenalkan berbagai macam makanan yang sebelumnya asing di telinga. Salah satu kuliner Korea yang tengah digandrungi adalah Patbingsoo. Dessert Korea ini segar serta bisa dinikmati dalam berbagai varian.

Patbingsoo atau dessert khas Korea muncul pertama kali pada masa pemerintahan dinasti Joseon, tepatnya pada abad ke-14. Pada masa itu Patbingsoo disajikan dalam mangkuk berisi kacang merah, tteok(cake beras) dan bubuk kacang. Variasi Patbingsoo kemudian bermunculan. Diantaranya dengan menambahkan es serut dan berbagai toping buah - buahan.

Saat Korea dijajah Jepang pada tahun 1940 - 1945, variasi Patbingso semakin berkembang dengan ditambahnya hidangan dingin. Saat perang Korea berlangsung, aneka dessert barat mulai ditambahkan untuk menciptakan Patbingsoo yang lebih modern. Hingga kini bisa ditemukan varian Patbingsoo dengan topping koktail buah, es krim, buah - buahan, kacang, sereal, sirup, pop corn hingga whipped cream !.

Mengikuti tren, es serut pada Patbingsoo kini banyak mengandung rasa. Rasa yang paling populer saat ini adalah matcha, cokelat dan yoghurt. Sebagai dessert yang sangat populer di Korea terutama saat musim panas, Patbingsoo mudah ditemukan dimana saja mulai dari hotel, restoran, kafe, bakery, kaki lima hingga di dessert cafe. Di Seoul, Patbingsoo bisa ditemukan di area hip Myeondong, Dongdaemun dan juga Yeonnam-dong.

Saat musim panas yang berlangsung dari bulan Mei hingga September, Patbingsoo laris manis diburu warga Korea. Banyak yang menyukai Patbingsoo karena rasanya yang segar dan untuk menghilangkan dahaga. Karena kepopulerannya, beberapa restoran cepat saji di Korea Selatan ikut memasukkan Patbingsoo ke dalam menu dessertnya. Patbingsoo bisa juga ditemukan di KFC, McDonalds, Burger King dan juga Lotteria di Korea Selatan.

Tak cuma populer di Korea, di negara Asia lainnya Patbingsoo mulai dilirik sebagai alternatif dessert. Di Indonesia Patbingsoo bisa ditemukan di restoran Korea dan kafe dessert Korea di beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Bali dan Bandung. Semangkuk Patbingsoo dihargai Rp. 25.000 - 40.000,00. Patbingsoo juga mudah ditemukan di Korea town di berbagai kota di dunia seperti di Vancouver, Atlanta, Los Angeles dan New York.

Di kota Hanoi, Vietnam rupanya dessert ini juga tengah naik daun di kalangan anak muda Hanoi. Ada beberapa jaringan kafe dessert Korea di Hanoi yang khusus menjual Patbingsoo seperti Aroi dessert cafe, Tocotoco, dan Bingsu. Semangkuk Patbingsoo dijual dengan harga 55.000 Dong atau sekitar Rp.27.500

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini