nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penting Buat Anak Gunung! Ini Cara & Tips Hadapi Badai Salju

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 25 September 2017 08:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 25 406 1782328 penting-buat-anak-gunung-ini-cara-tips-hadapi-badai-salju-Bk0k0WsBCC.jpg Badai Salju (Foto: Safebee)

MENDAKI sebagian gunung-gunung di Indonesia, pastinya para pendaki pasti tidak akan menjumpai badai salju yang hebat. Namun, ketika memutuskan untuk mendaki gunung seperti yang ada di Eropa dan di Himalaya sana, pastilah salju dan badai salju jadi fenomena alam yang harus dihadapi.

Untuk itu, sebelum berangkat dan mendaki, para pendaki harus mempelajari terlebih dahulu cara untuk menghadapinya, agar nyawa dan keselamatan dapat dipertahankan. Hujan salju yang hebat, hembusan angin hingga 40 mph hingga hilangnya jarak pandang menjadi masalah yang pasti akan dihadapi jika mendaki gunung-gunung salju tersebut.

Melansir dari Safe Bee, Senin (25/9/2017), berikut cara yang mesti ditempuh para pendaki dalam keadaan badai salju saat mendaki.

Mencari tempat berlindung

Jika Anda terjebak dalam badai salju bahkan tidak dapat bergerak ke tempat yang lebih aman, para ahli mengatakan, sangat penting untuk membuat tempat berlindung dari salju. Buatlah semacam igloo dengan salju menggunakan sekop atau alat penggali lainnya seperti tongkat. Jangan lupa untuk membuat lubang kecil untuk mencegah tertumpuknya karbon monoksida, buat juga pintu dengan sudut 90 derajat ke arah mata angin, kalau tidak salju akan berputar di sekitar igloo yang Anda buat, atau yang lebih buruk lagi akan memblok pintu masuk Anda.

Jangan pernah tidur di atas salju

Ketika sudah merasa aman, jangan sekali-kali tidur di atas salju karena akan dingin salju akan menurunkan panas tubuh Anda. Tumpukkan cabang, rumput, lumut, jarum pinus, ranting pohon, atau batu untuk digunakan sebagai alas tidur dan jaga agar tetap kering. Jika Anda bersama seseorang, tidurlah bersama-sama untuk berbagi panas tubuh.

Bangun Tenda Darurat

Jika tidak memungkinkan membuat igloo, tapi Anda memiliki tali dan terpal, Anda dapat dengan cepat merangkai tenda darurat dengan mengaitkan tali di antara dua pohon.

Tetap terhidrasi

Jaga agar suhu badan tetap panas dan tidak kedinginan. Sebab, jika sudah hipotermia maka Anda sedang berada dalam masalah yang serius. Anda akan merasakan semakin dingin dan dingin, bahkan hingga kehilangan fungsi motorik dan fungsi mental. Untuk itu, Andrew Dudik, seorang ahli peralatan luar ruangan di GearX.com, memiliki tips berikut yang penting untuk dilakukan oleh para pendaki:

- Jaga agar tubuh tetap tertutup dan selalu kenakan topi serta sarung tangan agar tidak kehilangan panas tubuh

- Lelehkan salju sebelum dikonsumsi

- Berolahraga atau bergerak agar tetap hangat

- Tinggal di satu tempat selama praktis dan aman

- Mengirim sinyal bantuan ketika salju behenti turun. Anda bisa menggunakan asap atau menggunakan pakaian terang agar tim penyelamat bisa melihat Anda dari udara.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini