nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Parade Kapal Nelayan Hingga Kapal Perang Indonesia Bakal Meriahkan Festival Selat Lembeh 2017

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 25 September 2017 18:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 25 406 1782736 parade-kapal-nelayan-hingga-kapal-perang-indonesia-bakal-meriahkan-festival-selat-lembeh-2017-XRfvfRL5o3.jpg Foto: davidhunter

AGENDA tahunan Festival Pesona Selat Lembeh di Kota Bitung, Sulawesi Utara akan segera digelar kembali. Menariknya, dalam acara ini Anda bisa menikmati kegiatan sailing pass atau parade kapal.

Telah lama dikenal sebagai kota industri perikanan, kini Bitung juga ingin dikenal sebagai kota yang menampilkan parade kapal setiap tahun. Tahun ini, parade kapal akan dilakukan di tanggal 6 Oktober 2017 atau pada hari pembukaan Festival Pesona Selat Lembeh.

“Sailing pass kita fokuskan di hari pembukaan dulu. Kita di-support oleh TNI dari Angkatan Laut. Akan ada 3 KRI yang bertolak ke Selat Lembeh sekarang. Sekarang ada parade kapal perangnya. Ke depan kita konektivitaskan dengan sailing pass seperti yacht dari Australia,” ungkap Sekretaris Daerah Bitung, Audi saat ditemui wartawan di Gedung Sapta Pesona, Senin (25/9/2017).

BACA JUGA:

Jika nantinya parade kapal ini sukses, maka Bitung akan secara konsisten mengadakan parade kapal. Saat ini tak hanya kapal perang saja, tetapi juga kapal nelayan dan kapal wisata lainnya. Namun di masa mendatang, kapal pesiar (cruise) juga akan didatangkan demi meramaikan parade ini.

“Ke depan kami ingin menampilkan sailing pass (parade kapal). Berbagai macam kapal akan sailing pass di sepanjang Selat Lembeh. Dari kapal kecil bahkan kalau perlu kapal pesiar,” lanjut Audi.

Ia menambahkan, Bitung ingin dikenal sebagai kotanya parade kapal oleh wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Ikon ini yang nantinya diharapkan dapat menyamai daerah lain yang memiliki ikon-ikon tertentu, seperti Sumatera Barat yang memiliki Tour de Singkarak dan Jember yang memiliki Jember Fashion Carnaval.

“Sehingga ketika orang berpikir parade kapal, itu hanya ada di Selat Lembeh. Sekarang sudah diupayakan seluruh nelayan ikut berpartisipasi dalam parade ini. Juga kapal niaga dan kapal dagang lainnya,” jelas Audi.

Festival Pesona Selat Lembeh sendiri akan dilaksanakan pada 6 – 10 Oktober 2017. Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti, Bitung memiliki potensi wisata bahari yang bagus. Selain wisata bahari, Bitung juga bisa mengemasnya dengan wisata yang lain.

“Meski bukan termasuk 10 destinasi prioritas, kita fokuskan (Bitung) ke wisata bahari. Kita memang punya potensi bahari. Tidak hanya bahari saja, tapi bahari dikombinasikan dengan tourism,” pungkas Esthy.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini