nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UNCOVER INDONESIA: Tradisi Thanksgiving di Bitung, Acaranya Makan Ikan Bersama Diiringi Tarian

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 25 September 2017 19:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 25 406 1782767 uncover-indonesia-tradisi-thanksgiving-di-bitung-acaranya-makan-ikan-bersama-diiringi-tarian-gwE9P8khik.jpg

TRADISI hari pengucapan syukur atau Thanksgiving Day tidak hanya dilakukan di wilayah Amerika. Tapi di Indonesia, khususnya Kota Bitung, Sulawesi Utara, masyarakatnya juga merayakan Thanksgiving.

Thanksgiving sendiri dilakukan sebagai ucapan syukur setelah melakukan pesta panen. Hampir serupa dengan di Bitung, kota yang dikenal dengan industri perikanan ini merayakan Thanksgiving sebagai ucapan syukur dari para nelayan.

Pelaksanaan Thanksgiving di Bitung tahun ini akan dilakukan pada 10 Oktober 2017. Selain bertepatan dengan hari penutupan Festival Pesona Selat Lembeh, kegiatan Thanksgiving ini juga digelar untuk merayakan Hari Jadi ke-27 Kota Bitung.

“Thanksgiving Day atau pengucapan syukur kepada Tuhan untuk ulang tahun kota Bitung 27 tahun pada 10 Oktober. Semua penduduk akan mengadakan Thanksgiving Day, makan siang bersama. Jadi seluruh tamu akan makan siang bersama di Kota Bitung,” ujar Sekretaris Daerah Bitung, Audi saat ditemui di Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2017).

Dalam acara tersebut, perayaan dengan makan bersama ini akan mengedepankan menu ikan laut. Seperti diketahui, Bitung memang dikenal sebagai kota industri perikanan. Ikan cakalang dan tuna akan menjadi bahan makanan utama dalam perayaan Thanksgiving.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Bitung, Ellen Sutrisno, Thanksgiving dahulu dilakukan di gereja-gereja sebagai bentuk syukur kepada Tuhan. Namun saat ini, Thanksgiving sudah melebur menjadi tradisi dan budaya dalam masyarakat Bitung yang terdiri dari beberapa etnis dan agama.

(Baca Juga: Sejarah Perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat)

“Dulu di kelurahan sendiri, di kecamatan sendiri, sekarang disatukan semua. Acara ini diambil dari masyarakat nelayan ketika sukses. Sekarang pemerintah menyatukan semua, menjadi tradisi semua agama,” ujar Ellen.

Di acara Thanksgiving ini, nantinya masyarakat akan berkumpul dan memakan kuliner khas daerah tersebut. Anda bisa menemukan tuna roll, sashimi tuna, bahkan nasi jaha isi tuna. Nasi jaha sendiri adalah nasi yang dimasak menggunakan bambu.

Hampir sama seperti perayaan lainnya di Kota Bitung, Thanksgiving tidak sekadar acara makan-makan bersama. Tetapi juga akan diwarnai dengan tari-tarian dan nyanyian dari penduduk.

(Baca Juga: Rayakan Thanksgiving, Katy Perry - Orlando Bloom Kompak Hanya Pakai Piyama)

“Kegiatannya makan bersama dengan keluarga dari daerah lain. Ada menyanyi juga, ada masamper atau menyanyi sambil menari. Acaranya dari siang, seharian penuh. Karena di Bitung masyarakatnya multietnis, jadi segala kebudayaan muncul,” pungkas Ellen.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini