Tanda-Tanda Serangan Jantung saat Tidur, Keringat Dingin, Nyeri Dada hingga Napas Tersengal

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 25 September 2017 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 25 481 1782523 tanda-tanda-serangan-jantung-saat-tidur-keringat-dingin-nyeri-dada-hingga-napas-tersengal-Y8TbOkdh9M.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BAGI penderita hipertensi Anda rentan sekali mengalami serangan jantung mendadak. Tapi sebelumnya, ada banyak gejala yang bisa Anda waspadai sebelum terjadi.

Serangan jantung mungkin saja terjadi saat tidur. Tapi tak banyak orang menyadarinya, karena biasa dikira penyakit angin duduk.

Klinik Cleveland menyebutkan, wanita lebih sering mengalami gejala gangguan jantung saat tidur. Mereka rentan mengalami serangan jantung, apalagi kalau kondisinya sedang stres.

Umumnya, gejala serangan jantung saat tidur disertai dengan rasa lelah lebih dulu akibat beraktivitas. Namun sayang, Tak sedikit orang memahami hal ini.

Terlepas dari itu, ada beberapa gejala lainnya yang dapat menyebabkan serangan jantung di saat tidur. Simak ulasannya berikut ini, dikutip Livestrong, Senin (25/9/2017).

Sulit tidur

Saat mengawali tidur pasien serangan jantung biasanya mengeluh sangat sulit. Mereka mengalami gejala sesak napas, nyeri dada, nyeri tubuh dan bahaya lainnya. Sebaiknya, Anda segera menelefon dokter untuk menangani half ini. Khawatirnya, Anda mengalami gejala lebih lanjut yang mengancam nyawa.

Keringat dingin

Banyak orang mengalami serangan jantung saat terbangun dan mengalami keringat dingin. Hal ini disebabkan karena pelepasan biokimia ke dalam aliran darah untuk mempersiapkan tubuh.

Biasanya kasur atau bantal Anda basah dengan keringat. Maka, saat menjelang tidur malam bila Anda mengalami keringat dingin, waspadai gejala serangan jantung.

Nyeri dada

Nyeri dada mungkin merupakan gejala serangan jantuny yang paling mudah dikenali. Ditambah lagi dengan napas tersengal, nyeri pegal di bagian dada dan rasa sakitnya sangat menyiksa.

Gejala nyeri dada harus diwaspadai karena memicu serangan jantung. Jangan abaikan gejala ini agar tak terlambat tertolong.

Tubuh nyeri

Beberapa penderita serangan jantung terbangun dengan rasa sakit atau ketidaknyamanan pada lengan, leher, perut, dan punggung. Gejala ini dikenal sebagai rasa nyer akibat serangan jantung. Bahkan di sela nyeri, jantung Anda juga berdegup kencang dan keringat dingin.

Napas tersengal

Gejala serangan jantung juga membuat napas seseorang terganggu. Anda akan mengalami sesak napas dan nyeri di bagian ulu hati. Jangan abaikan, karena kondisi ini dapat menyebabkan henti napas yang berbahaya. Segera lakukan teknik CPR untuk menolong pasien serangan jantung.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini