nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Makanan Wajib Dipesan saat Makan di Restoran Tiongkok, Jangan Lewatkan Xiao Long Bao

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 27 September 2017 06:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 26 298 1783382 4-makanan-wajib-dipesan-saat-makan-di-restoran-tiongkok-jangan-lewatkan-xiao-long-bao-stD8RaRaab.jpg Makan di restoran China jangan lupa pesan Xiao long bao (Foto:Mashed)

MAKANAN khas Tiongkok memang memiliki cita rasa sendiri yang gurihnya seolah melekat di lidah. Dominan rasa gurih dengan paduan kombinasi saus khas membuat banyak chinesse restoran tidak pernah sepi pengunjung.

Selain rasanya yang lezat, varian makanan tiongkok juga sangat banyak jadi kadang justru membuat bingung memutuskan menu pesanan. Meskipun mayoritas makanan yang ditawarkan punya rasa yang lezat tapi ada lho beberapa menu yang harus dipesan karena keautentikan rasanya.

Dilansir dari Mashed, Rabu (27/9/2017) berikut 4 menu chinnese food yang bisa jadi pilihan utama saat memesan makanan. Jangan lupa pesan xiao long bao ya.

Chow Fun

Masakan tiongkok pasti tak jauh dari deretan menu berbahan mi, salah satunya adalah chow fun. Mi pipih yang berbentuk lebar ini dimasak dengan cara digoreng bersama bahan dan bumbu yang lezat. Biasanya chow fun dicampur dengan berbagai sumber protein seperti daging sapi, ayam, tahu atau udang. Saus dan bumbunya yang kompleks terbilang berani sehingga menghasilkan rasa mi yang lezat.

 

Menu sayur

Masyarakat Tiongkok banyak menggunakan sayuran sebagai bahan masakan. Sebut saja bok choy, brokoli atau sawi yang tak pernah absen dalam masakan tiongkok. Selain menu lauk pauk, sayuran juga jadi pilihan andalan di restoran Tiongkok. Beberapa sayuran dimasak dengan cara direbus, dikukus ataupun ditumis. Tapi semua diolah dengan bumbu yang gurih seperti bawang putih, jahe dan minyak wijen yang membuat rasanya unik. Jika datang ke restoran Tiongkok jangan perneh melewatkan menu sayurnya.

 

Xiao long bao

Menu ini biasanya hanya tersedia di beberapa restoran Chinnese spesialis. Xiao long bao biasa disajikan dalam keranjang bambu dan dalam paketnya biasa berisi 4, 6 atau 10 buah xiao long bao. Kulit xiao long bao yang tipis diberi isi kuah kaldu gurih dan beberapa potongan sumber protein seperti udang atau daging sapi. Secara autentik, kuah kaldu yang digunakan adalah kaldu babi. Ada cara khusus untuk menyantap xiao long bao yakni pangsit kukus ini ditempatkan pada sendok sup lalu cubit bagian kulit menggunakan sumpit hingga kaldunya tumpah, minum dulu air kaldu sebelum menyantap isian pangsit ini.

Ma po tofu

Tahu juga jadi salah satu bahan makanan yang tidak mungkin terpisah dari masakan chinese. Menu yang cukup populer adalah ma po tofu yakni hidangan tofu yang disiram dengan daging babi cincang. Bumbunya membuat masakan ini menjadi gurih. Campuran kaldu dan minyak membuat tahu yang lembut sukses membuat lidah bergoyang. Cita rasanya cenderung manis gurih dan tidak pedas jadi saat makan ini Anda tidak akan bercucuran keringat. Pergi ke Chinatown manapun, pasti ada restoran yang menyediakan menu ma po tofu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini