nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wah, Keputusan Angelina Jolie Operasi Angkat Payudara Ternyata Menginspirasi Wanita di Dunia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 26 September 2017 08:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 26 481 1783019 wah-keputusan-angelina-jolie-operasi-angkat-payudara-ternyata-menginspirasi-wanita-di-dunia-NmmytSKPcl.jpg Angelina Jolie (Foto: UPI)

KABAR mengenai pengangkatan payudara Angelina Jolie berdampak luas. Dalam keterangannya, Jolie mengungkapkan bahwa keputusannya itu adalah bentuk pengurangan risiko kanker payudara. Karena itu juga, studi terbaru mengungkapkan bahwa semakin banyak perempuan di dunia yang mengalami masalah yang sama pun mengikuti jalan Jolie.

Temuan ini menunjukkan bahwa selebriti dapat memengaruhi keputusan perawatan kesehatan masyarakat umum seperti yang dikatakan penulis studi Art Sedrakyan, seorang profesor di Weill Cornell Medicine di New York City.

loading...

Dikutip dari UPI, Selasa (26/9/2017) pada awal 2013, Jolie mengumumkan keputusannya untuk melakukan operasi pencegahan agar kedua payudara dikeluarkan karena risiko genetik kanker payudaranya meningkat.

Periset berusaha untuk mengetahui dampak dari berita tersebut dengan menganalisis data mastektomi yang mengurangi risiko di New York State and New South Wales di Australia pada tahun 2004-2014.

Di New York, peneliti menemukan bahwa jumlah perempuan yang menjalani prosedur ini hampir dua kali lipat meningkat dari 3,3 kasus per dua bulanan per 1 juta 20 bulan sebelum pengumuman Jolie, lalu melonjak menjadi menjadi 6,3 kasus per 1 juta 20 bulan setelah pengumumannya.

Temuan ini serupa di New South Wales. Hasilnya dipublikasikan pada Senin, 25 September 2017 di jurnal Health Services Research.

"Ini adalah bidang penelitian penting yang harus diperhatikan oleh petugas kesehatan dan pembuat kebijakan," kata Sedrakyan dalam siaran pers Weill Cornell.

"Jika selebriti akan melakukan tes genetik dan mengumumkan pilihan pengobatan mereka, maka kita harus siap untuk menilai dampak kesehatan pada masyarakat," tambahnya.

Sebuah studi tahun 2015 juga menemukan peningkatan mastektomi preventif setelah pengumuman Jolie ini. Dan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pencitraan payudara di antara wanita berusia 25 sampai 44 meningkat setelah diagnosis kanker payudara Australia Kylie Minogue pada tahun 2005.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini